7 Kesalahan Umum Merawat Area Kewanitaan, Awas Membahayakan!

20 Februari 2021 10:10 WIB
ilustrasi kesalahan umum merawat area kewanitaan
ilustrasi kesalahan umum merawat area kewanitaan ( )

Sonora.ID -Area kewanitaan merupakan hal terpenting yang harus selalu dijaga kesehatannya. Meski begitu, sayangnya masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara tepat untuk merawat area kewanitaan. Sebab, organ intim wanita juga menjadi salah satu yang berpengaruh terhadap banyak hal seperti, kesuburan, kebutuhan seks, hingga dapat mendatangkan penyakit.

Bahkan, tak jarang wanita juga menyepelekan kebersihan organ intim sehingga jika mengalami infeksi barulah menyesal. Sayangnya, dalam merawat vagina, ada beberapa kesalahan perawatan yang mungkin tak sadar sering kita lakukan.

Itulah mengapa mulai sekarang Anda pun harus dasar akan pentingnya menjaga kesehatan area kewanitaan dengan tidak melakukan kesalahan umum berikut ini. Apa saja? Yuk langsung saja simak ulasannya.

Baca Juga: 7 Penyebab Vagina Gatal yang Bikin Nggak Nyaman, Perlu Diwaspadai!

Menggunakan Sabun Beraroma Pada Area Kewanitaan

Untuk mendapatkan aroma yang harum pada area kewanitaan, banyak wanita yang menggunakan sabun beraroma. Padahal, mencuci area kewanitaan menggunakan sabun beraroma dapat merusak pH dan membunuh bakteri baik yang menjaga kebersihan wanita.

Mencukur Habis Rambut Kemaluan

Cara ini seringkali banyak dilakukan oleh para wanita untuk tampil menarik dan percaya diri. Padahal, tanpa disadari mencukur habis rambut kemaluan bukanlah hal yang tepat. Sebab, rambut kemaluan akan berfungsi untuk melindungi dari infeksi. Selain itu, rambut juga mencegah bakteri masuk yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Proses menghilangkan rambut kemaluan dapat menyebabkan iritasi dan infeksi.

Melakukan Douching

Selanjutnya, kesalahan umum yang sering dilakukan wanita dalam menjaga organ kewanitaan yaitu dengan melakukan douching. Metode ini merupakan cara pembersihan vagina dengan mengalirkan cairan ke dalam vagina.  Cara ini sangat tidak disarankan karena dapat membunuh bakteri baik, terlebih jika dilakukan dengan menggunakan bahan kimia.

Baca Juga: 4 Fakta Mengejutkan Soal Mentruasi yang Tak Banyak Wanita Tahu

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.