DPRD PPU: Dinas Pertanian Harus Lakukan Penyuluhan Tanam Serentak Kepada Petani

20 Februari 2021 18:10 WIB
Petani PPU
Petani PPU ( )

Balikpapan, Sonora.ID - Anggota komisi II DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dari Fraksi Partai Gerindra, Sujiati meminta Dinas Pertanian Penajam Paser Utara melakukan penyuluhan kepada petani untuk melaksanakan tanam serentak.

Sujiati mengatakan bahwa di Kabupaten Penajam Paser Utara saat ini sudah masuk pada musim tanam bagi para petani. Karena pengairan di situasi yang sangat bagus.

Kendati Demikian, dalam kondisi perairan yang bagus itu, selain petani mulai menanam, ada pula yang melakukan panen.

Menurutnya dalam kondisi waktu yang tidak berbarengan tersebut tentunya penanganan hama akan lebih susah.

Baca Juga: Peta Zonasi CoVID-19 Banjarmasin Mendadak Hilang, Pakar: Wajar Jika Warga Lalai Prokes!

"Ada petani yang panen dan mulai menananam, otomastis penanganan hama agak susah jadi tikus banyak menyerang pertanian milik petani," kata Sujiati.

Sementara itu Sumiati mengatakan, untuk mencari jalan keluar dalam mengantisipasi dan menanggulangi hama, pihaknya meminta agar Dinas Pertanian Penajam Paser Utara melakukan penyuluhan kepada petani untuk melakukan penanaman serentak tahun 2021.

Di tahun depan DPRD PPU juga meminta Dinas Pertanian meningkatkan kualitas untuk penyuluhnya.

"Bagaimana caranya petani itu bisa melaksanakan penanaman serentak jadi itu untuk menanggulangi hama itu sedikit. Kalau nggak barengan ini ada yang panen, ada yang belum berbuah kemudian ada yang baru nanam, otomatis tikus banyak, ini saya sudah sampaikan dengan Dinas Pertanian terkait hal ini," imbuhnya.

Baca Juga: KPU Balikpapan Tetapkan Rahmad-Thohari Sebagai Walikota & Wakil Walikota Balikpapan Terpilih Pilkada Serentak Balikpapan 2020

Kedepan pihaknya juga akan melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pertanian guna menindaklanjuti terkait dengan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung rencana tersebut.

"Karena bagaimanapun kita juga meningkatkan SDM kan berarti pasti ada biaya, jadi kita akan pikirkan hal tersebut," pungkasnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.