Bayang-bayang UU ITE, BerikutTips Aman Berpendapat di Medsos

22 Februari 2021 15:49 WIB
Ilustrasi menggunakan handphone
Ilustrasi menggunakan handphone ( pixabay)

Semarang, Sonora.ID - Saat ini layanan internet dapat di akses oleh siapapun dan dengan kebutuhan apapun. Tidak hanya untuk kebutuhan pekerjaan, internet juga sering dipakai untuk mengakses sosial media. Selain hiburan, sosial media juga banyak menyajikan informasi yang terkini, informasi penting maupun informasi selingan yang dibuthkan oleh masyarakat.

Semenjak adanya fitur komentar pada sosial media, banyak orang yang memanfaatkan fitur ini untuk mengungkapkan pendapat pribadinya mengenai informasi yang mereka terima.

Namun, tidak sedikit orang yang blunder atau berkomentar secara berlebihan bahkan sampai menghina, memfitnah dan menyuarakan hal yang belum ada bukti konkritnya. Hal ini tentu saja akan berakibat buruk pada orang tersebut karena semenjak terbentuknya UU ITE, sosial media diawasi secara ketat dan segala hal yang berbau Sara maupun hoax akan dipidanakan secara hukum.

Baca Juga: Hing: Jangan Jauhi Orang yang Suka Memberikan Kritik, Kenapa?

Berpendapat dengan bijak di sosial media sangatlah penting karena kita tidak bisa memprediksi seberapa besar dampak dari komentar yang kita utarakan. Menurut pengamat sosial media, Enda Nasution, ada beberapa hal penting yang perlu diingat ketika kita menyampaikan pendapat kita di sosmed.

1. Belajar Sensitif Secara Digital

Sensitif secara digital berarti kita harus sadar bahwa yang akan kita hadapi bukan hanya layar hp atau laptop saja, dan bukan sistem komputer yang akan membacar tulisan dari komentar kita, tetapi ada manusia lainnya di dunia maya.

2. Pehatikan Etika Saat Berkomunikasi Melalui Medsos

Enda menyampaikan, saat ini banyak anak muda yang lebih sering berkomunikasi menggunaka medsos. Ketika kita sedang berada di medsos kita tidak akan tau dengan siapa kita berbicara atau berinterkasi karena umur, jabatan dan status sosial belum tentu diperlihatkan.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.