Asam Manis Tahu Gejrot, Kuliner Khas Cirebon yang Menggugah Selera

23 Februari 2021 22:30 WIB
Tahu gejrot.
Tahu gejrot. ( Sajian Sedap)

Sonora.ID - Indonesia merupakan negara kaya akan kuliner yang khas dan nikmat. Salah satu kudapan khas Indonesia bercita rasa manis, asam dan pedas yang tak boleh ketinggalan dicoba adalah “tahu gejrot”.

Tahu gejrot banyak kita jumpai berjualan entah di halaman depan sekolah atau pun di restoran-restoran Indonesia. Resep makanan ringan khas kota Cirebon ini identik dengan penggunaan tahu kopong yang dibanjur dengan kuah asam manis pedas yang sangat unik dan khas rasanya.

Cara memakannya pun juga unik, yakni dengan satu lidi kecil kemudian tusuk bagian tahu yang telah dipotong-potong.

Konon katanya, Tahu Gejrot ini sudah ada sebelum jaman kemerdekaan. Hingga sampai saat ini makanan satu ini tetap menjadi makanan favorit dan menjadi salah satu jajanan khas kebanggaan masyarakat Cirebon.

Baca Juga: Menilik Nikmatnya Wisata Kuliner Tahu Kupat, Makanan Gurih Khas Solo

Sejarah Tahu Gejrot tercipta dari dapur pabrik Tahu Gejrot yang berlokasi di Desa Jatiseeng, Kecamatan Ciledug, Cirebon sejak zaman sebelum kemerdekaan. Pabrik tersebut dimiliki oleh keturunan Tionghoa yang menetap di Indonesia dan buruhnya merupakan masyarakat asli Cirebon.

Keterampilan membuat Tahu Gejrot oleh orang Cirebon membuat mereka lebih ahli dibandingkan dengan pemiliknya. Akhirnya para buruh pabrik berhenti bekerja dan mencoba untuk membuat usaha Tahu Gejrot sendiri.

Semenjak saat itu Tahu Gejrot mulai dilestarikan dan menjadi makanan khas asli Cirebon.

Dahulu penjual Tahu Gejrot biasanya memikul dagangannya, namun saat ini penjual biasanya memakai gerobak. Karena popularitasnya, saat ini Tahu Gejrot tidak hanya dijumpai di Cirebon, namun juga di banyak daerah di Indonesia.

PenulisIyeng Veda
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.