Stop Pamer Sertifikat Vaksin Covid-19 di Medsos, Ini Bahaya yang Ditimbulkan

25 Maret 2021 14:40 WIB
ilustrasi vaksin
ilustrasi vaksin ( Humas Pemprov Bali)

Sonora.ID -Usai melakukan vaksin covid-19 beberapa orang cenderung memamerkan sertifikat digital di media sosial. Hal ini sebaiknya segera dihentikan sejalan dengan imbauan pemerintah agar tak menyebarluaskan sertifikat digital tersebut.

Sertifikat digital tersebut bisa diunduh melalui situs pedulilindungi.id. Tak hanya itu, bagi masyarakat yang telah melakukan vaksinasi akan menndapatkan kartu vaksinasi berbentuk fisik.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan untuk tidak menyebarluaskan atau membagikannya melalui media sosial. Hal ini lantaran untuk menjaga keamanan data pribadi masyarakat yang menerima vaksin.

"Penting untuk diketahui, di dalam sertifikat bukti tersebut terdapat data pribadi dalam bentuk QR code yang dapat dipindai. Maka, gunakan sertifikat tersebut sesuai kebutuhannya, karena tersebarnya data pribadi dapat membawa resiko bagi kita," kata Wiku dalam keterangannya, dikutip dari situs covid19.go.id

Baca Juga: 4 Alasan Jokowi Fokus Bangun infrastruktur di Berbagai Wilayah NKRI

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate juga mengimbau agar masyarakat tak mengunggah sertifikat vaksin guna melindungi data pribadi penerima vaksin. Sebab, QR Code dapat disalahgunakan oleh orang lain.

“Jangan sampai diedarkan karena di sertifikat itu ada QR Code yang berisi data pribadi. Jadi sertifikat digital kita peroleh tapi disaat yang bersamaan kita menjaga data pribadi kita,” tutur Menteri Johnny.

Menurut Menkominfo, QR Code yang tertera di sertifikat penting untuk dilindungi agar dapat menghindari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Sertifikat vaksinasi hanya untuk kepentingan kita sendiri, dan kepentingan yang memang berurusan dengan sertifikat, misalnya untuk dokumen perjalanan dan sebagainya,” ujarnya.

Baca Juga: Akhirnya Ahli Ungkap Penyebab Munculnya Ribuan Emas di Pesisir Pantai dekat Desa Tamilow

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.