5 Penyebab Sepele yang Bikin Berat Badanmu Naik Secara Tiba-tiba

29 Maret 2021 21:13 WIB
Dokter Dion Haryadi Beberkan 5 Alasan Berat Badan Bisa Tiba-Tiba Naik
Dokter Dion Haryadi Beberkan 5 Alasan Berat Badan Bisa Tiba-Tiba Naik ( freepict.com)

Sonora.ID - Memiliki masalah soal berat badan karang memang menggangu kesehatan dan juga psikis seseorang.

Pasalnya selain gampang lelah dan mudah terserang penyakit, berat badan yang berlebih juga dapat menimbulkan masalah psikis seperti ketidak percaya dirian hingga menjadi anti sosial atau penyendiri.

Itu sebabnya para ahli gizi menyarankan untuk mengatur pola makan agar beran badan tetap terjaga dan seimbang. Jika secara terus menerus dan konsisten Anda menerapkan pola makan yang seimbang maka bukan tidak mungkin berat badan Anda dapat terjaga dengan sempurna.

Akan tetapi, pernahkah Anda mengalami kenaikan berat badan padahal telah melakukan diet atau berusaha mengatur pola makan?

Baca Juga: Dokter Ungkap Hingga Saat Ini Masih Banyak yang Salah Kaprah Tentang Diet, Ternyata Ini Makna yang Sebenarnya

Pakar kesehatan, dokter Dion Haryadi mengatakan bahwa ada 5 alasan mengapa tubuhmu mengalami kenaikan berat badan secara tiba-tiba.

1. Kesalahan Nimbang

Dalam hal ini dokter Dion menegaskan bahwa masih banyak orang yang sengaja menimbang berat badan sebelum dan setelah makan.

Padahal saat tubuh kita diberi asupan makanan dan minuman penambahan berat badan mungkin saja terjadi. Sebab air dan juga kalori yang kita makan memiliki berat.

Kesalahan lain dalam menimbang adalah saat kamu makan jauh lebih banyak pada malam hari lalu keesokan paginya langsung berdiri diatas timbangan tanpa melakukan buang air kecil atau buang air besar terlebih dahulu.

"Kamu makan lebih banyak malam sebelumnya. Apalagi kamu nimbang sebelum BAB, yah wajar beratmu naik," ujar dokter Dion Haryadi seperti dikutip SonoraID dari akun TikTok miliknya.

Baca Juga: Urutan Golongan Darah yang Gampang Gendut, Oops Kamu Nomor Berapa?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.