Tingkatkan Kualitas Produk, Pemkot Palembang Edukasi Pelaku UMKM

31 Maret 2021 18:25 WIB
Tingkatkan Kualitas Produk, Pemkot Palembang Edukasi Pelaku UMKM
Tingkatkan Kualitas Produk, Pemkot Palembang Edukasi Pelaku UMKM ( Fernando Oktareza/Sonora.ID)

Palembang, Sonora.ID – Guna menggeliatkan perekonomian masyarakat Palembang pada sektor industri rumahan atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kota Palembang, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang berikan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) bagi pelaku UMKM.

Akhmad Mustain selaku Kepala Dinas PMPTSP Kota Palembang mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama empat kali gelombang dan diikuti oleh 320 peserta PKP secara bertahap yang diadakan di Mal Pelayanan Terpadu DPMPTSP Kota Palembang.

Mustain melanjutkan, pelatihan ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha melengkapi berbagai persyaratan perizinan usaha.

“Sifatnya pelatihan nanti mereka sebelum dikasih materi ada pre-test (menguji wawasan peserta), habis dikasih materi, dikasih past test (evaluasi akhir), memastikan bahwa mereka memahami bagaimana menjaga keamanan pangan,” ujarnya.

Baca Juga: Catat! Berikut Ini Cara Menjaga Kemanan Komputer Milik Pribadi

Mustain menjelaskan, saat ini UMKM diperkirakan menjadi potensi besar pertumbuhan ekonomi dan dapat bersumbangsih atas Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Inilah yang menjadi salah satu alasan Pemkot Palembang memberikan penyuluhan ini. Misalnya nih buat pelaku usaha produksi kue. Bagaimana memperlakukan kue/pangan itu secara aman, sehingga layak dikonsumsi. Pengemasannya bagaimana bersentuhan dari apa penyaji ke makanan menyikapinya tentang perlakuan higienitas saat penyajian, seperti itu,” kata Mustain.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa yang membuka secara resmi PKP gratis yang diadakan oleh DPMPTSP dan Dinkes Kota Palembang menyebutkan, dalam penyuluhan ini yang ditekankan adalah kebersihan dan higienitas dari pengemasan produk serta dapat memanfaatkan era digitalisasi secara lebih optimal.

“Banyak harapan terkait keamanan masalah pangan dari para pelaku usaha, selain itu marketing-nya lebih bagus, lebih higienis, apalagi ada dari BPOM dan juga beberapa penggiat dapat menjadi bahan referensi dalam rangka kemanan pangan,” jelasnya.

Sebagai informasi, program ini merupakan kerjasama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang mengajak kerjasama BPOM Kota Palembang dan didukung oleh Bank Sumsel Babel.

Baca Juga: Antisipasi Inflasi Jelang Ramadhan, Berikut Upaya BI Kanwil Sumsel

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.