Biar Dompet Enggak Jebol, Ini Tips Mengatur Keuangan di Bulan Ramadan

15 April 2021 12:35 WIB
Ilustrasi bulan Ramadan.
Ilustrasi bulan Ramadan. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Bulan Ramadan menjadi bulan yang istimewa bagi umat Muslim. Pasalnya dalam bulan ini umat Muslim akan berpuasa dan berlomba-lomba untuk menjalankan ibadah.

Meski selama sebulan jarang makan karena berpuasa, bukan berarti pengeluaran akan berkurang, loh. Biasanya banyak orang yang pengeluarannya malah jadi membengkak selama Ramadan.

Mahalnya biaya makan dan ajakan buka puasa bersama atau bukber di luar menjadi faktor utama meningkatnya pengeluaranmu. Maka itu, jangan lupa untuk tetap mengatur keuanganmu ya. Mau tahu caranya? Yuk simak.

Baca Juga: Tips Mudah Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Mengelola Stres

1. Buat rencana keuangan

Anda harus membuat daftar yang jelas untuk menentukan prioritas dalam mengalokasikan penghasilan. Sisihkan uang untuk makanan sahur dan berbuka. Tetapkan anggaran yang masuk akal dan sesuai, tidak terlalu kecil, namun juga jangan terlalu besar.

Jangan lupa juga alokasikan uang Anda untuk membeli kebutuhan Anda dan keluarga. Anggaran ini pun tidak boleh ketinggalan, yakni menyisihkan uang untuk bersedekah untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Perhitungkan anggaran untuk sebulan ini dengan rinci dan realistis.

2. Kelompokkan pengeluaran untuk hari raya

Hal yang biasa terjadi selama bulan Ramadan adalah harga bahan pokok naik. Pengeluaran Anda akan semakin banyak untuk keperluan yang satu ini. Selain itu, perhitungkan juga biaya untuk membeli hadiah atau THR bagi sanak saudara, membeli pakaian baru, membeli atau membuat kue lebaran.

Pengeluaran untuk menyambut Hari Raya Lebaran ini harus mulai dipersiapkan dari sekarang agar lebih teratur. Lebih baik gunakan uang bonus atau Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan untuk memenuhi keperluan ini. Jangan sampai berutang hanya untuk hal ini ya. Ingat lakukanlah sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.