Hasto Wardoyo : Remaja Indonesia Wajib Melek Kesehatan Reproduksi

15 April 2021 10:27 WIB
Kepala BKKBN Dr.(HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) dalam sebuah diskusi secara daring membahas pentingnya Kesehatan Reproduksi di Kalangan Remaja
Kepala BKKBN Dr.(HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) dalam sebuah diskusi secara daring membahas pentingnya Kesehatan Reproduksi di Kalangan Remaja ( Dok BKKBN)

Jakarta, Sonora.Id - Pendidikan seks bukan melulu soal hubungan seksual tapi juga pendidikan kesehatan reproduksi yang menjelaskan tentang pentingnya menjaga kesehatan organ-organ reproduksi. Pendidikan seks penting dilakukan sejak dini untuk menghindari anak-anak dan para remaja dari berbagai macam kekerasan seksual yang makin marak terjadi di era millenial ini.

Hasil Konferensi Internasional tentang Kependudukan dan Pembangunan (ICPD) pada tahun 1994, di Kairo, Mesir secara konsisten mengukuhkan hak-hak remaja akan informasi tentang kesehatan reproduksi yang benar dan pelayanan kesehatan reproduksi termasuk konseling.

Masyarakat internasional melalui konfrensi tersebut mengingatkan kembali bahwa hak dan tanggung jawab para orang tua adalah membimbing, termasuk tidak menghalangi anak remajanya, untuk mendapatkan akses terhadap pelayanan dan informasi yang mereka butuhkan tentang kesehatan reproduksi yang baik.

dr. H. Boyke Dian Nugraha, Sp.OG, MARS mengatakan bahwa permasalahan-permasalahan remaja terkait seksualitas yang cenderung meningkat dapat diakibatkan beberapa faktor diantaranya sikap orang tua terhadap pendidikan seks yang masih dianggap tabu.

Selain itu nilai agama dan budaya yang tidak dilaksanakan dengan baik, pendidikan seks dan kesehatan reproduksi di daerah-daerah yang masih kurang dilakukan oleh para tenaga kesehatan, dan maraknya pornografi serta seks online.

"Jadi sikap orang tua please jadikanlah anak sebagai sahabat. Sehingga ketika mereka bertanya tentang seksualitas orangtualah yang mengerti perkembangan anaknya, yang bisa memasukkan nilai2 budayanya, yang bisa memasukkan nilai2 luhurnya, budi pekertinya menyertai pendidikan seks kepada anak2 yang kita sayangi,” kata Boyke dalam webinar Health Talk: “Let’s Talk About Sex Education” Rabu, (14/4/2021)

Sementara itu Kepala BKKBN Dr.(HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) dalam kesempatan yang sama juga menjelaskan bahwa para remaja ini merupakan generasi penerus yang harus menjadi generasi unggul dalam bonus demografi sehingga bisa mentransformasikannya menjadi bonus kesejahteraan bagi Indonesia.

"Oleh karena itu remaja-remaja Indonesia harus berkualitas, dipersiapkan masa depannya yang terrencana dengan baik. Jangan malah terjerumus pada permasalahan-permasalahan remaja seperti narkoba, seks bebas dan permasalahan lainnya", jelas dr Hasto.

Hasto Wardoyo menambahkan hal ini berkaitan dengan stunting dimana sanitasi, pendidikan, sosial dan ekonomi dapat mempengaruhinya. Dokter Hasto menekankan kepada bagaimana para remaja bisa mempersiapkan dirinya untuk siap dalam berkeluarga di waktu yang tepat, tidak terlalu muda agar generasi berikutnya yang dilahirkan terhindar dari stunting.

“Oleh karenanya jangan ada kehamilan tidak terencana. Agar nantinya anaknya sehat kemudian tidak stunting", tambah Hasto.

BKKBN terus berusaha menciptakan generasi yang unggul dalam rangka untuk Indonesia maju, maka saya titip kepada adik-adik remaja agar kita semuanyalah menciptakan generasi yang unggul untuk Indonesia maju.

"Penyebab anak jadi stunting ternyata tidak hanya asi tidak hanya penyakit dan nutrisi tetapi juga jarak anak yang terlalu dekat, jumlah anak yang terlalu banyak, umur ibu yang terlalu muda atau terlalu tua maka pesan saya jangan terlalu, terlalu muda kalau hamil kurang dari 20 tahun, terlalu tua hamil lebih dari 35 tahun. Terlalu sering hamil kurang dari 3 tahun sudah hamil lagi, terlalu banyak anaknya,” pesan Hasto.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.