5 Jenis Permainan Tradisional untuk Memupuk Teamwork pada Anak

15 April 2021 17:40 WIB
Bentengan
Bentengan ( )

Semarang, Sonora.ID - Beberapa permainan tradisional kini bisa dibilang mulai tergerus oleh jaman. Anak-anak sekarang ini teralih dengan gadget sebagai kemajuan teknologi. Sudah jarang di masa sekarang anak-anak masih memainkan dolanan tradisional.

Pada saat kegiatan Pemasyarakatan dan Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila, dalam rangka puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Provinsi Jawa Tengah ke-49 tahun 2021, secara daring dan luring, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menilai permainan atau dolanan tradisional bisa membantu siswa sekolah tak berpaham radikal. Dari kegiatan itu, siswa akan mampu mengambil nilai keterbukaan satu sama lain, kepemimpinan, kerja sama (teamwork), dan nilai penting lainnya.

Berikut berapa permainan tradisional yang pas untuk mengembangkan teamwork  pada anak:

Baca Juga: Tanpa Gadget, Ini 10 Permainan Menyenangkan Meski di Rumah Saja

Gobak Sodor

Gobak Sodor

Permainan Gobak Sodor ini berasal dari Jawa Tengah. Jumlah pemainnya minimal terdiri dari 6 orang, yang kemudian dibagi dalam 2 kelompok.

Pada 1 kelompok bisa merupakan campuran anak laki-laki dan perempuan. Biasanya, permainan ini dilakukan di halaman rumah yang agak luas. Manfaat bermain Gobak Sodor yaitu untuk melatih kecepatan (pemain harus berlari), kecermatan (harus menjaga pintu agar tidak kecolongan), kekompakan, sportif, dan mengisi waktu luang. 

Bentengan

Bentengan

Bentengan termasuk permainan tradisional asal Jawa Tengah. Permainan ini dimainkan oleh dua kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 4-10 orang. Setiap kelompok memiliki sisi yang dijadikan sebagai 'benteng', bisa berupa tembok, tiang, atau pohon. Karena menggunakan aktivitas fisik, permainan ini membutuhkan area bermain yang luas.

Dalam bermain Bentengan, setiap anggota punya peran dan tugas masing-masing, ada yang menjadi penyerang, pemain bertahan, dan ada juga yang bertugas sebagai pengalih. Tujuan akhir dari Bentengan adalah dengan menyentuh benteng lawan. Kelompok yang menjadi pemenang adalah mereka yang lebih dulu menggapai benteng lawan.

Selain itu, kemenangan juga bisa diraih dengan menangkap seluruh anggota lawan dengan cara menyentuh bagian tubuh mereka.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.