7 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ketika Puasa, Nggak Takut Kambuh!

19 April 2021 12:10 WIB
ilustrasi asam lambung naik
ilustrasi asam lambung naik ( freepik)

Sonora.ID - Asam lambung merupakan penyakit yang ditimbulkan ketika lambung memproduksi senyawa asam berlebih yang menyebabkan penderita merasakan sakit di bagian perut yang begitu melintir.

Tak hanya itu, penderita juga akan merasakan dada terasa panas atau nyeri, mulut terasa asam, hingga mual dan muntah.

Banyak faktor yang menyebabkan Anda bisa terkena asam lambung seperti terlambat makan, mengonsumsi makanan pedas, merokok, mulut kering, asma. diabetes, hingga gaya hidup yang nggak sehat.

Nah, seringkali asam lambung kambuh saat puasa lantaran tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman selama seharian. Jika asam lambung kambuh saat puasa, tentu saja hal ini akan merepotkan.

Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui cara mengatasi asam lambung naik ketika puasa supaya Anda tetap bisa menjalankan ibadah puasa.

Melansir dari kompas.com, berikut ini cara mengatasi asam lambung naik ketika puasa. Yuk simak:

Baca Juga: Tak Hanya Segar, Ini Rekomendasi 5 Minuman Sehat untuk Berbuka Puasa

Hindari Minuman Berkafein

Bagi Anda yang memiliki asam lambung, pantangan yang harus Anda lakukan yaitu untuk tidak mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, dan lain sebagainya.

Sebab, penderita asam lambung perutnya sangat sensitif, sehingga dikhawatirkan akan memicu asam lambung naik saat puasa.

Tak hanya itu, minuman berkafein juga dapat membuat penderitanya sering kencing. Hal ini menyebbakan mineral berharga yang dibutuhkan tubuh terbuang selama berpuasa.

Hindari Makanan yang Jadi Pemicu Asam Lambung Naik

Pada saat sahur maupun berbuka puasa hindari makanan yang dapat memicu asam lambung Anda kambuh. Contoh makanan yang dapat meningkatkan asam lambung yakni manakan terlalu pedas, terlalu asam, dan berlemak.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari untuk mengonsumsi gorengan, jerohan, kulit, keju, susu full cream.

Selain itu, Hindari juga makanan yang sangat kecut dan pedas seperti lemon, jeruk nipis, tomat, sambal, dan makanan pedas lainnya.

Baca Juga: Kapan Boleh Gunakan Masker Non-Medis? Ini Jawaban Pihak Kemenkes

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.