5 Dampak Buruk Tidur Setelah Sahur Bagi Kesehatan, Hindari Sekarang!

19 April 2021 13:40 WIB
Ilustrasi tidur setelah sahur
Ilustrasi tidur setelah sahur ( kpop.asiachan.com)

Sonora.ID - Setelah melakukan sahur, sebagian orang biasanya memilih untuk melanjutkan tidur kembali. Sebab, bangun tidur yang terlalu awal menjadikan tubuh tidak bisa menahan kantuk.

Belum lagi rasa kenyang selepas makan sahur, membuat tidur justru semakin pulas.

Padahal, kebiasaan tidur setelah sahur perlu diwaspadai karena dapat mengancam kesehatan tubuh lho.

Oleh sebab itulah Anda harus menghindari tidur setelah sahur. Hal ini juga bisa berdampak buruk bagi tubuh terutama pada sistem organ yang mencerna makanan.

Mengutip dari LiveScience, dibutuhkan waktu sekitar tiga jam untuk makanan turun sempurna dari lambung. Hal tersebut apabila makanan yang dikonsumsi saat sahur kaya karbohidrat, protein, dan sayuran.

Berikut ini dampak buruk tidur setelah sahur bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Yuk langsung saja simak:

Baca Juga: 6 Trik Diet Sehat yang Harus Kamu Lakukan Saat Bulan Puasa Ramdhan Tiba

Memicu Obesitas

Melansir dari Healthline, tidur setelah makan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang memicu obesitas.

Hal tersebut diketahui dari beberapa penelitian yang menunjukkan orang yang tidur setelah makan cenderung menambah berat badan.

Sebab, orang yang makan sebelum tidur ternyata lebih cenderung menambah berat badan hanya karena makanan yang mengandung kalori ekstra.

Beberapa orang juga menjadi sangat lapar hingga makan berlebih pada malam atau dini hari karena mereka tidak makan cukup di siang hari.

Asam Lambung Naik

Selanjutnya, dampak buruk tidur setelah sahur yaitu dapat meningkatkan risiko asam lambung naik. Terutama bagi Anda yang mengonsumsi banyak makanan.

Hal ini bisa terjadi karena saat tidur selepas makan menyebabkan tekanna di dalam lambung meningkat. Sehingga makanan dan cairan lambung naik kembali ke tenggorokan.

Adapun gejala pada asam lambung yaitu nyeri di sekitar lambung atau perut kiri atas atau merasakan sensasi panas di dada.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ketika Puasa, Nggak Takut Kambuh!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm