Perpustakaan Nasional Gelar Workshop Tentang Naskah Kuno

28 April 2021 20:43 WIB
Webinar Perpustakaan Nasional
Webinar Perpustakaan Nasional ( Istimewa)

Jakarta, Sonora.Id - Salah satu fungsi Perpustakaan Nasional adalah sebagai pusat pelestarian koleksi perpustakaan.

Atas dasar tersebut Perpustakaan nasional sebagai pembina di bidang pelestarian bahan perpustakaan perlu melakukan kegiatan pelestarian kandungan atau isi informasi bahan perpustakaan melalui kegiatan alih media.

Dan sebagai upaya meningkatkan pemahaman pentingnya pelestarian dokumen sejarah dan peradaban bangsa, Pusat Preservasi Perpustakaan Nasional Kembali menghadirkan webinar dan workshop Konservasi Bahan Perpustakaan dan Naskah Kuno yang digelar secara daring pada Rabu (28/4/2021).

Kegiatan webinar dan workshop ini merupakan rangkaian seminar Pelestarian Bahan Perpustakaan dan Naskah Kuno “Pentingnya Pelestarian Dokumenter Sejarah Peradaban Bangsa” yang sebelumnya digelar pekan lalu.

Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, Ofy Sofiana mengatakan bahwa pelestarian koleksi memegang peranan penting terutama bagi koleksi yang memiliki nilai historis tinggi, hanya satu-satunya, dan terancam rusak atau punah, serta kemungkinan hilang kandungan informasinya.

“Alih media media dapat diartikan sebagai penyelamatan kandungan atau isi informasi dari sebuah koleksi ke dalam bentuk lainnya atau dalam bentuk digital baik yang dimiliki oleh masyarakat maupun individu atau perorangan bahkan juga dimiliki oleh institusi,” kata Ofy.

Menurut Ofy dengan merawat dan melindungi bahan perpustakaan, selain untuk melindungi pengetahuan didalamnya, juga memastikan para pemustaka dapat memanfaatkannya dengan nyaman. Ofy juga menyampaikan Perpustakaan Nasional mengajak seluruh elemen masyarakat melestarikan koleksi yang sudah langka dan memiliki nilai sejarah dalam rangka melestarikan budaya bangsa.

“Webinar kali ini adalah sekaligus mensosialisasikan pedoman alih media naskah kuno sebagai pembekalan pengetahuan praktis dalam melakukan alih media secara mudah dengan sumber daya yang tersedia. Harapan kami agar masyarakat semakin peduli dengan keberadaan naskah kuno sekaligus dapat merawatnya dengan baik,” tambah Ofy.

Bahan perpustakaan merupakan salah sumber pengetahuan menuju masyarakat dengan peradaban tinggi. Informasi di dalamnya bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan, mengembangkan teknologi, refleksi perjuangan kehidupan bangsa menuju Indonesia adil makmur dan sejahtera.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.