Vagina Berdarah Setelah Bercinta? Berikut 5 Kemungkinan yang Menjadi Penyebabnya

29 April 2021 19:20 WIB
ilustrasi berhubungan intim
ilustrasi berhubungan intim ( Freepik.com)

Sonora.ID - Selama ini, seringnya vagina berdarah setelah bercinta dikaitkan dengan selaput dara yang robek dan menjadi keperawanan seseorang.

Pada dasarnya, vagina yang berdarah setelah bercinta tidak hanya dialami perempuan yang pertama kali penetrasi saja, namun ada beberapa penyebab vagina bisa berdarah, seperti menstruasi dan kehamilan.

Meski umumnya keluar darah seperti haid setelah bercinta merupakan hal yang normal dan tidak membahayakan, akan tetapi Anda tetap perlu waspada.

Pasalnya, ada beberapa kemungkinan lainnya yang menjadi penyebab darah keluar setelah bercinta. Merangkum dari kompas.com, berikut ini penjelasan selengkapnya:

Baca Juga: 5 Posisi Seks Paling Favorit Sepanjang Masa, Kamu Nomor Berapa?

Adanya Infeksi

Penyebab yang pertama vagina berdarah setelah bercinta yaitu adanya infeksi yang disebabkan oleh klamidia, herpes genital, gonore, trikomoniasis, dan infeksi jamur.

Infeksi ini menyebabkan radang serviks yang menyerang saluran antara vagina dan rahim.

Hal ini menyebabkan saat serviks meradang, penetrasi bisa menyebabkan iritasi dan kemungkinan pendarahan.

Sementara infeksi jamur tidak menyerang menyebabkan menyebabkan iritasi pada saluran vagina yang lebih mungkin mengeluarkan darah selama atau setelah berhubungan seks.

Vagina yang Kering

Selanjutnya, vagina berdarah setelah bercinta juga bisa disebabkan karena vagina yang kering.

Sebab, pada saat penetrasi, jika vagina kering hal ini dapat menyebabkan robekan pada dinding vagina sehingga menyebabkan perdarahan.

Umumnya, vagina kering terjadi pada wanita dari segala usia. Meski begitu, kebanyakan dari mereka yang memiliki kadar esterogen rendah seperti wanita pasca menopause dan ibu menyusui.

Baca Juga: 6 Alasan Tidur Tanpa Celana Dalam Lebih Menyehatkan untuk Pria

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.