Perpusnas Gelar Pameran Lukisan Menjawab Pandemi

20 Mei 2021 14:30 WIB
Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando, membuka pameran lukisan di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta.
Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando, membuka pameran lukisan di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta. ( Istimewa)

JAKARTA,SONORA.ID - Karya lukis merupakan salah satu bentuk ekspresi manusia. Seni lukis menjadi bentuk ekspresi jiwa dan emosi dari pelukisnya. Lukisan sebagai bentuk manifestasi seni rupa memiliki fungsi religius, estetis, simbolis, maupun komersial.

Sebagai bentuk hasil budaya, setiap lukisan yang tercipta selalu terselip literasi secara tersirat dan tersurat. Literasi atau kemampuan mengolah pengetahuan untuk kecakapan hidup bisa diperoleh dari mana saja.

Situasi pandemi Covid-19 tidak dipungkiri mengusik sisi kreativitas manusia. Desakan, himpitan karena keadaan seringkali membuat kreativitas buntu jika tidak didayagunakan.

Seperti pada kesempatan Kamis, (20/5) pagi ini, pemustaka dan masyarakat bisa menyaksikan 74 lukisan karya Syafruddin Nisyam, Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi di Kementerian Sekretariat Kabinet RI. Segala keresahan diekspresikanyanya lewat torehan kuas di atas kanvas. Pameran bertemakan “Literasi Lukisan Menjawab Pandemi” ini digelar di Ruang Gallery Perpustakaan Nasional RI Lt. 4, dan berlangsung hingga 10 Juni 2021 nanti.

Baca Juga: Koleksi Pribadi, OHD Museum Lukisan Tenar di Magelang Jawa Tengah

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando, begitu antusias dengan karya lukis sebagai media literasi ini.

Dalam sambutannya, Muhammad Syarif Bando menjabarkan bahwa seiring perkembangan zaman, banyak dikenal aliran dalam seni lukis, seperti aliran naturalis, romantis, surealis, impresionis, abstrak, dan lain-lain.

“Sebagai perwujudan yang mengkomunikasikan pengalaman batin, maka setiap goresan ataupun torehan yang terlukis mampu disajikan secara indah sehingga merangsang timbulnya pengalaman batin pada manusia yang menghayatinya,” katanya dalam Talk show sebelum pembukaan pameran, yang diselenggarakan oleh Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca (PAPPBB) Perpustakaan Nasional.

Talk show ini menghadirkan narasumber Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando, Wakil Menteri Sekretaris Kabinet Fadlansyah Lubis, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, Staf Khusus Presiden Putri Tanjung, Pakar Lukisan Imam Ali Wahyudi, dan Pegiat Literasi Lukis Safruddin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm