Pengemis Menjamur di Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin: Gerak Kami Terbatas

2 Juni 2021 12:30 WIB
Suasana jalan di perempatan jalan S Parman
Suasana jalan di perempatan jalan S Parman ( Smart FM / Jumahuddin)

Banjarmasin, Sonora.ID - Maraknya keberadaan pengemis akhir-akhir ini menarik perhatian bagi Pemko Banjarmasin

Persoalan penanganan pengemis di Kota Banjarmasin memang menjadi momok. Jajaran aparat penegak peraturan daerah atau perda, kerap melakukan patroli hingga penertiban atau pengamanan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kasatpol PP dan Damkar Kota Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin mengatakan dalam hal ini geraknya cukup terbatas.

Baca Juga: Jalan Cemara Ujung Banjarmasin Sudah Mulus, Warga: Saat Berkendara Sampai Tak Sadar Jika Sudah Sampai Rumah

"Mestinya, instansi lain juga bergerak. Gerak kami (Satpol PP) ini terbatas. Kami hanya sebatas menertibkan, atau mengantar mereka ke rumah singgah," jawabnya, saat ditanyai Smart FM Banjarmasin.

Ia mengakui, sulitnya menangani pengemis, sama halnya menangani badut jalanan. Dimana sudah tak terhitung berapa banyak anak-anak maupun orang dewasa yang dibawa ke markas Satpol PP.

"Kemudian diberikan pengertian. Tapi ujung-ujungnya, masih saja marak. Termasuk mereka yang menyewakan kostum. Juga sudah sering kami undang untuk datang ke markas dan kami berikan pengertian," tambahnya.

 Baca Juga: Modus Baru Pengemis, Denda Rp 50 Juta bagi Pemberi Uang untuk Manusia Silver

Lelaki yang juga menjabat sebagai Camat Banjarmasin Timur itu pun mengatakan, bahwa pihaknya sebenarnya tidak melarang mereka yang ingin mencari nafkah. Asalkan pada tempatnya. Bukan di tempat-tempat yang dilarang oleh pemerintah.

Halaman Berikutnya
PenulisJumahudin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Maraknya keberadaan pengemis akhir-akhir ini menarik perhatian bagi Pemko Banjarmasin. Persoalan penanganan pengemis di Kota Banjarmasin memang menjadi momok. Jajaran aparat penegak peraturan daerah atau perda, kerap melakukan patroli hingga penertiban atau pengamanan. Pelaksana Tugas (Plt) Kasatpol PP dan Damkar Kota Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin sejenak mengambil nafas ketika mempertanyakan kondisi di jalanan beberapa waktu belakangan.