7 Jenis Sayur dan Buah Ini Sebaiknya Tidak Dikupas Sebelum Dimakan, Apa Saja?

8 Juni 2021 14:00 WIB
Buah apel.
Buah apel. ( Freepik.com)

Sonora.Id - Buah dan sayur menjadi salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi. Hal ini lantaran mendatangkan sederet manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tak heran jika sebaiknya mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya supaya gizi pun dapat tercukupi dengan baik.

Perlu Anda ketahui ada beberapa jenis sayur dan buah yang sebelum dikonsumsi harus dikupas dulu kulitnya. Namun, rupanya ada pula sederet jenis sayur dan buah yang justru baik dimakan bersama kulitnya.

Hal ini lantaran beberapa kulit sayur dan buah memiliki nutrisi ketimbang yang sudah dikupas. Penasaran sayur dan buah apa saja yang sebaiknya tidak dikupas sebelum dimakan? Simak ulasannya berikut ini:

Baca Juga: Awas, 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Manusia Terserang Penyakit Influenza Saat Musim Kemarau

Apel

Apel menjadi buah yang sebaiknya tidak dikupas sebelum dimakan. Sebab, apel terdapat kandungan senyawa pektin yang ampuh basmi kolesterol dan gula darah.

Tak hanya itu saja, mengonsumsi apel bersama kulitnya juga dapat membuat kamu kenyang lebih lama.

Hal ini lantaran kulit apel memiliki vitamin K yang 4 kali lebih banyak untuk proses pembekuan darah, mengaktifkan protein, dan pemeliharaan tulang.

Kiwi

Kiwi juga termasuk buah yang sebaiknya tidak perlu dikupas kulitnya. Meski banyak orang yang tetap mengupas kulit kiwi, namun manfaat dari buah yang satu ini sayang sekali untuk dilewatkan.

Kandungan vitamin C dan E, serotonin dan potasium dalam buah kiwi sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, kulit pada buah kiwi juga memiliki manfaat untuk menawar keracunan.

Kentang

Dibanding dagingnya, kulit kentang mengandung lebih banyak serat, zat besi, dan asam folat.

Para peneliti di Unibersity of Maine menemukan bahwa kulit kentang mengandung antioksidan 5 sampai 10 kali lebih banyak.

Baca Juga: Sering Diabaikan, Awas Ini Gejala Awal Demam Berdarah Pada Ibu Hamil

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.