Keren ! Empat Disabilitas Dirikan Kedai Kopi Cinta

13 Juni 2021 17:17 WIB
Empat orang disabilitas merintis Kedai Kopi Kita Cinta Coffee
Empat orang disabilitas merintis Kedai Kopi Kita Cinta Coffee ( Kemensos)

Jakarta, Sonora.Id - Pada akhir pekan ini, ada suasana meriah di banding biasanya di Balai "Ciungwanara" Bogor.

Sentra Kreasi ATENSI (SKA) keempat milik Kementerian Sosial bakal diresmikan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini. Persiapan dilakukan oleh para pegawai balai dan wirausahawan yang akan menggelar lapak dagangan.

Dibonceng sepeda motor temannya, Syarif Hidayatullah (23) sudah datang sejak pukul 6 pagi. Tak lupa, membawa berbagai peralatan stand kopi, seperti mesin _grinder_, _chiller_ dan bahan-bahan untuk meracik olahan kopi di atas motor roda tiga yang sudah terparkir tak jauh dari lokasi peresmian SKA.

Usai menyusun perlengkapan dagangannya, Syarif memasang _standing banner_ Kitacinta Coffee. Inilah usaha kedai kopi yang ia rintis bersama tiga penyandang disabilitas fisik lainnya dalam setahun terakhir.

Kegemarannya mencicipi kopi, membuat Syarif, Heru, Nabil dan Muhayat bermimpi membangun usaha kedai kopi. Akhirnya, ide empat sekawan sesama alumni Balai Besar Vokasional "Inten Suweno" Cibinong itu diwujudkan pada Januari 2020.

"Jadi, dua kawan kami, yaitu Heru dan Nabil suka nongkrong minum kopi. Dari situ terpikir dan mengonsep usaha kedai kopi ini," ujar pemuda asal Sumatera Selatan ini.

Kendati tak mengikuti pelatihan khusus terkait peracikan kopi, Syarif dan teman-temannya berhasil meramu resep-resep olahan kopi Kitacinta Coffee dengan apik penuh citra rasa.

"Banyak orang nggak percaya, kalau kami sama sekali nggak pernah ikut kursus jadi barista. Semua dipelajari autodidak di YouTube, malam hari sebelum jualan dengan mobil VW," kenang Syarif, dengan bangga.

Di bilangan SMA 62 Jakarta, perjalanan usaha empat sekawan penyandang disabilitas tersebut dimulai. Perlahan tapi pasti Kitacinta Coffee mulai dikenal oleh masyarakat.

"Usai sering muncul, kami pun kerap diundang ke _event-event_ sekolah sebagai pengisi _stand_ minuman," tandas Syarif.

Hingga saat ini, Kitacinta Coffee telah mengeluarkan sembilan varian olahan kopi dan dua varian minuman non- kopi. Ditambah _cookies_ sebagai teman menikmati kopi dari hasil kerjasama dengan UMKM sejenis.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.