Pembangunan Sudah Rampung, RS Pratama Sepaku Tunggu Peraturan Bupati

22 Juni 2021 10:45 WIB
Rumah Sakit Pratama Sepaku
Rumah Sakit Pratama Sepaku ( Koleksi Pribadi)

Balikpapan, Sonora.ID - Sejak tahun 2017 silam, pembangunan Rumah Sakit Pratama Sepaku telah rampung. Kendati demikian, Rumah Sakit tersebut belum bisa dioperasikan hingga saat ini.

Adapun anggaran Pembangunan Rumah Sakit Pratama (RSP) Sepaku sebesar Rp 8,3 miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan. Rumah sakit tersebut pun juga telah dilengkapi alat kesehatan dan tenaga medis.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) - dr Jansje Grace Makisurat menjelaskan alasan mengapa RSP belum juga dioperasikan. Menurutnya pihaknya masih menunggu Peraturan Bupati (Perbub) tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) RSP.

dr Jansje Grace Makisurat mengatakan, pihaknya telah mendapatkan perbub SOTK dari Provinsi sehingga saat ini tinggal menunggu diteken dari kepala daerah.

"Tinggal menunggu perbub SOTK-nya tapi sudah dikembalikan dari provinsi ke kami tinggal tunggu tanda tangan pak Bupati," kata dr Jansje Grace Makisurat.

Baca Juga: Penertiban Pasar Pandasari, Petugas Gabungan akan Membentuk Posko

Perbup SOTK adalah hal yang mutlak, yang dijadikan dasar dalam pengisian struktur rumah sakit tipe D tersebut. Untuk tenaga medis, pihaknya telah menyiapkan jauh hari, bahkan tenaga medis untuk Rumah Sakit tersebut telah direkrut dalam penerimaan CPNS tahun 2018 lalu.

"Setelah SOTK ditandatangani oleh pak Bupati, kemudian akan dilakukan pelantikan pejabatnya, RS kan harus ada pejabatnya, untuk mengendalikan rumah sakit itu," katanya.

Selain itu, pihaknya juga sementara ini telah melakukan berbagai kesiapan dalam pengoperasian RSP dalam waktu dekat dengan meratakan halaman belakang RSP sebagi lahan parkir.

dr Jansje Grace Makisurat mengatakan, bukan hanya melayani pasien umum, Rumah Sakit Pratama yang terletak di Kecamatan Sepaku itu juga akan melayani pasien covid-19.

"Pelayanan untuk semua, ada karantina untuk covid-19 dan umum," kata dia. (*Adv)

Baca Juga: Menindaklanjuti Keluhan Warga, Ketua DPRD Langsung Tinjau Lapangan

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.