Jadi Hal yang Paling Diinginkan, Ternyata Ada Ketakutan di Balik Kesuksesan

22 Juni 2021 11:32 WIB
Ilustrasi seorang wanita tengah stres.
Ilustrasi seorang wanita tengah stres. ( Freepik)

Sonora.ID - Rasa takut akan kesuksesan melibatkan rasa takut akan pencapaian, seringkali sampai pada titik di mana orang akan menyabotase diri mereka sendiri.

Walaupun kesuksesan umumnya dipandang sebagai sesuatu yang diinginkan, ada beberapa alasan mengapa orang mungkin takut melakukannya dengan terlalu baik.

Penting untuk diketahui bahwa orang sering tidak takut pada kesuksesan itu sendiri. Sebaliknya, ketakutan mereka terpusat pada konsekuensi potensial dari kesuksesan.

Karena harapan akan kesuksesan sering kali didasarkan pada gagasan bahwa mencapai tujuan Anda berarti membuat pengorbanan atau menanggung kerugian, mungkin tidak mengherankan bahwa orang mungkin waspada terhadap apa yang pada akhirnya dapat merugikan mereka.

Baca Juga: Bukan Hedon, Inilah Gaya Hidup yang Membuat Bahagia Menurut Psikolog

Ketakutan akan kesuksesan dapat memiliki sejumlah penyebab yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah:

Imposter syndrome

Terkadang orang yang mengalami kesuksesan takut prestasinya tidak layak atau tidak sebaik orang lain di bidangnya. Orang mungkin takut bahwa mereka tidak akan dapat memenuhi harapan atau bahwa orang lain akan menemukan bahwa mereka tidak siap menghadapi tantangan. 

Salah menafsirkan perasaan yang terkait dengan kesuksesan

Kegembiraan dan kecemasan memiliki banyak sinyal fisik yang sama. Karena itu, terkadang mudah untuk salah mengartikan perasaan gembira sebagai gugup atau cemas. Hal ini dapat menyebabkan orang menghindari situasi yang memicu emosi tersebut.

Takut akan reaksi balik

Kadang-kadang orang takut akan kesuksesan karena potensi dampak sosial atau hubungan yang diantisipasi. Peneliti menyebut fenomena ini sebagai penghindaran serangan balik. Misalnya, perempuan mungkin menghindari promosi diri karena mereka takut hal itu tidak sejalan dengan peran gender tradisional.

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm