Direktur Kawasan, Perkotaan, dan Batas Negara, Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri, Thomas Umbu Pati
Direktur Kawasan, Perkotaan, dan Batas Negara, Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri, Thomas Umbu Pati ( Kemendagri)

Kemendagri: Pentingnya Kerjasama Bilateral di Perbatasan Indonesia-Malaysia

22 Juni 2021 19:00 WIB

Sonora.ID - Negara Indonesia memiliki batas wilayah negara di darat dan maritim dengan kurang lebih 12 negara, khususnya dengan Malaysia memiliki batas darat dan maritim.

Wilayah perbatasan antara Negara Indonesia dan Malaysia, dalam hal ini perbatasan darat memang membutuhkan perhatian lebih dan kerjasama dari kedua negara untuk menjaga hubungan baik dan secara bersama menyelesaikan isu-isu kawasan perbatasan serta juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan kedua negara

Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan dan juga menyelesaikan isu-isu perbatasan, telah dibentuk forum Kerjasama Kelompok Kerja/Jawatan Kuasa Sosio Ekonomi Malaysia-Indonesia atau yang dikenal dengan sebutan KK/JKK Sosek Malindo.

Baca Juga: Usulan Disetujui Mendagri, Safrizal ZA Umumkan Libur di Daerah PSU

Forum ini adalah bentuk kerja sama antara Pemerintah Negara Republik Indonesia dengan Negara Malaysia, untuk membahas dan menyepakati permasalahan akses sosial, ekonomi, dan budaya di kawasan perbatasan tersebut dan isu-isu lalu lintas perbatasan termasuk didalamnya keamanan perbatasan antar negara.

Direktur Kawasan, Perkotaan, dan Batas Negara, Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri, Thomas Umbu Pati menyatakan bahwa, kedua pihak dalam forum ini rutin melakukan pertemuan untuk menjaga kondisi perbatasan agar tetap kondusif.

“Mereka melakukan pertemuan tahunan secara bergantian untuk membahas hal-hal teknis kerja sama di daerah lalu dibawa ke Pertemuan Sekretariat Bersama, dan terakhir pembahasan pada Forum Persidangan/Pertemuan Tahunan Sosek Malindo tingkat Pusat , sebagai forum penerimaan Pelaporan, Pemberian arahan, dan Pembuat Keputusan Bersama,” ungkapnya menegaskan dalam wawancara bersama dengan Radio Sonora.

Baca Juga: Batas Negara Indonesia-Malaysia, Direktur Topografi TNI AD: OBP Sektor Timur Diselesaikan dengan Penuh Persahabatan

Video Pilihan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm