Mengenal Generasi Sandwich dan Apa yang Harus Dipersiapkan

24 Juni 2021 13:43 WIB
Ilustrasi generasi sandwich.
Ilustrasi generasi sandwich. ( Freepik)

Sonora.ID - Generasi sandwich adalah generasi yang berada di tengah dimana dia memiliki orang tua dan anak yang masih hidup. Lebih khusus lagi, istilah ini sering mengacu pada seorang paruh baya yang mendukung orang tua dan anak-anak mereka, baik secara finansial, fisik, atau emosional.

Melansir BBC, tekanan ini hanya meningkat pada generasi sandwich, karena dukungan dan sumber daya vital langka. 

Di Filipina, wanita yang merupakan generasi sandwich cenderung berusia 30 hingga 35 tahun, sedangkan di Inggris dan Wales mereka biasanya berusia antara 45 dan 54 tahun , seperti Austin. 

Baca Juga: Masih Sendiri di Usia 30-an? Jangan Galau! Atasi dengan Hal Berikut

Jika Anda adalah anggota generasi sandwich, Anda tidak sendirian. Masih ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat segalanya lebih baik.

  1. Pastikan Anda dan keluarga menjalani gaya hidup sehat, dengan pola makan yang baik dan olahraga yang cukup, karena sehat secara fisik dan mental akan memberi Anda kekuatan untuk menghadapi setiap tantangan yang Anda hadapi.
  2. Pastikan mereka dilindungi dengan asuransi kesehatan secara memadai sehingga Anda terlindungi dari biaya terkait kesehatan yang tiba-tiba.
  3. Buatlah pilihan yang bijaksana dalam kehidupan sehari-hari Anda, baik itu dengan meninggalkan tujuan liburan yang mahal untuk pilihan yang lebih terjangkau atau mengurangi kesenangan seperti makan di restoran.
  4. Tanamkan literasi keuangan pada anak-anak Anda sehingga mereka memahami nilai uang hasil jerih payah Anda dan belajar bagaimana melakukan hal-hal seperti membandingkan harga sebelum membeli.
  5. Ajari orang tua Anda untuk mengidentifikasi penipuan sehingga mereka tidak tertipu dengan dana pensiun mereka atau uang hasil jerih payah Anda.
  6. Rencanakan pensiun Anda sendiri sekarang dan putuskan siklus generasi sandwich dengan mendukung diri Anda sendiri di hari tua Anda, sehingga membebaskan anak-anak Anda dari beban melakukannya.
  7. Jangan merasa bersalah karena mengatakan tidak. Wajar jika Anda merasa sedikit kecewa ketika Anda tidak dapat memenuhi setiap keinginan anak dan orang tua Anda. Tetapi mengatakan 'tidak' dari waktu ke waktu sebenarnya dapat bermanfaat bagi seluruh keluarga dalam jangka panjang.

Halaman Berikutnya
PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.