Kenali Penjelasan Doomscrolling, Haus Informasi Hoaks di Internet

26 Juli 2021 14:45 WIB
Ilustrasi aplikasi media sosial
Ilustrasi aplikasi media sosial ( Pixabay)

Sonora.ID - Sekarang internet maupun media sosial sudah menjadi salah satu rujukan informasi terkini dan paling banyak digandrungi oleh masyarakat.

Namun kita harus tetap berhati-hati karena banyak informasi hoaks atau berita yang belum tentu kebenarannya di luar sana. Kita pun juga harus bijak dalam mencari rujukan berita yang bisa dipercaya. Apalagi intensitas orang berselancar di internet yang sedang meningkat pesat di masa pandemi.

Semakin kesini kebiasaan scrolling berita atau informasi ternyata juga bisa membuat kita mengalami fenomena doomscrolling, dimana orang justru lebih suka melihat berita negatif dan mudah percaya hoaks. Sederhananya, doomscrolling adalah kecenderungan berselancar di internet secara berlebihan dan biasanya didominasi dengan membaca berita negatif.

Baca Juga: Bahaya! Hindari 3 Hal Ini yang Pantang Dilakukan di Media Sosial

Jika kamu sudah merasa doomscolling sebaiknya jangan dibiarkan, karena hal itu bisa memicu kecemasan dan stres, bahkan berpengaruh pada kesehatan fisik karena kita percaya begitu saja pada hoaks yang beredar. Jadi, ini dia empat cara untuk mengurangi dampak doomscrolling pada kesehatan mental kita.

Batasi waktu berselancar di media sosial

Smartphone biasanya punya fitur untuk merekam waktu yang kita habiskan untuk membuka suatu aplikasi. Manfaatkan ini dan terus perhatikan waktu agar kita tidak larut dalam bermain  media sosial. Kamu juga bisa coba hindari menggunakan smartphone sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

Untuk menghindarinya, bisa saja dengan menjauhkan ponsel dari tempat tidur. Jaga kesehatan  Olahraga rutin membuat kita melepaskan neurotransmitter yang memiliki efek baik. Olahraga seperti yoga dan meditasi juga membantu menghilangkan stres.

Selain itu, makan makanan yang sehat dan seimbang dan hindari ngemil saat menelusuri internet karena membuat kita cenderung makan berlebihan.

Baca Juga: 3 Tips Mempercayai Influencer di Media Sosial ala Master Trainer

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.