Berani Coba ‘Bol Jaran’? Jajan Pasar Khas Temanggung yang Legit

27 Juli 2021 18:00 WIB
Bol Jaran
Bol Jaran ( Sajian Sedap)

Semarang, Sonora.ID - Indonesia mempunyai ragam jajan pasar yang enak dan menarik. Tak jarang pula jajan pasar tiap daerah di seluruh nusantara ini juga memiliki nama-nama yang unik.

Salah satunya jajan pasar khas Temanggung yang bernama 'Bol Jaran'. Kudapan satu ini memang terdengar aneh atau bahkan berkonotasi pada alat kelamin hewan.

Sebenarnya 'bol jaran' ini juga cukup populer di beberapa daerah dengan nama yang juga beragam seperti “moto kebo”, kue ku, bulusan, tenongan, kue thok dan lain sebagainya. Namun masyarakat Temanggung lebih familiar menyebutnya dengan “Bol Jaran”.

Konon sajian ini dianamakan demikan mungkin karena bentuknya yang mirip dengan anus kuda. Bagi masyarakat Jawa, memang pada prinsipnya gampang menamakan suatu barang atau makanan dari apa yang pernah dilihatnya.

Baca Juga: Ide Bisnis Jajanan Tradisional Dengan Konsep Kekinian, Berikut Resep Pastel Panggang Bumbu Bali

Apalagi, pada kala itu bentuk dari makanan tersebut banyak dianggap mirip seperti “bol jaran”. Penamaan makanan tersebut akhirnya disepakati secara kolektif hingga akhirnya dikenal secara turun temurun dan populer sebagai penamaan umum hingga saat ini di masyarakat Temanggung.

Secara tradisional, “Bol Jaran” berwarna merah dan memiliki tekstur kenyal yang lengket saat dimakan.

Ada dua komponen utama dalam pembuatan kue ku, kulit dan isinya. Kulit sebagian besar terbuat dari tepung beras ketan dan ubi jalar, sedangkan isinya dibuat dari bahan-bahan yang sudah dimasak seperti kacang hijau atau kacang tanah dan gula.

Setelah diuleni dan dicetak bahan-bahannya secara bersama-sama, kemudian dikukus di atas selembar daun pisang.

Baca Juga: Jadah Ketan, Kuliner Khas Muntilan yang Sarat akan Makna

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.