Bukan Gagal Total, Gathot, Cemilan Legit Mengigit Khas Sragen

28 Juli 2021 14:45 WIB
Gathot Sragen
Gathot Sragen ( https://perpus.jatengprov.go.id/)

Sonora.ID - Jawa Tengah terdiri dari banyak wilayah yang mempunyai eksotisme masing-masing. Tak hanya wisatanya yang ciamik tapi juga kulinernya yang menggugah selera. Banyak ragam kuliner baik yang kekinian maupun tradisional yang masih melekat di hati masyarakat.

Bagi anda para wisatawan yang sedang berkunjung ke daerah Sragen Jawa Tengah, cobalah untuk mengicip kuliner tradisionalnya yang nikmat, yaitu “Gathot”. Gathot yang satu ini bukan akronim dari “Gagal Total”, melainkan sajian  asli dari tanah Jawa yang terbuat dari olahan singkong.

Konon orang tua dulu, khususnya di Jawa menyebut singkong rebus dengan tekstur kenyal dan berwarna kehitam-hitaman itu menamainya seperti tokoh pewayangan.

Kini, seiring waktu Gatot tak setangguh Gatotkaca dalam pewayangan. Gatot jadi satu dari sekian banyak penganan tradisional yang kian tergerus zaman dan nyaris tidak dikenal generasi milenial.

Baca Juga: Gurih dan Nikmat, Resep Membuat Pempek Adaan Khas Palembang

Untuk tekstur dari makanan tradsional ini cenderung kenyal dan memiliki cita rasa yang gurih manis dan legit. Bahan pembuatan Gathot Sragen bersumber dari gaplek yang telah disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Sebelum pada akhirnya menjadi makanan yang lezat, gaplek harus dicuci sampai bersih. Setelah selesai dicuci nanti baru bisa dikukus. Jika sudah selesai proses pengukusan lalu dipotong kecil-kecil sesuai dengan selera.

Sebagai tambahan informasi, Gaplek sendiri merupakan sebutan untuk singkong yang telah melalui proses pengeringan, singkong menjadi kering dan tahan lama. Sehingga gaplek ini dapat diolah menjadi aneka makanan yang enak.

Baca Juga: Carang Gesing, Olahan Legit Khas Solo yang Bisa Bikin Lidah Bergoyang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.