Kenali Apa Itu Quarter Life Crisis? Ini Penjelasan dari Psikolog

30 Juli 2021 15:30 WIB
Lissari Anggraeini, Psikolog dan salah satu pendiri Vygot Sky Consulting
Lissari Anggraeini, Psikolog dan salah satu pendiri Vygot Sky Consulting ( Instagram @sonora_palembang)

Sonora.ID - Lissari Anggraeni, S.Psi, M.Psi dari Vygot Sky Consulting hadir di program acara “Self Loving”  Sonora FM 98,9 Semarang untuk menjelaskan berbagai hal terkait Quarter Life Crisis (QLC). Quarter Life Crisis (QLC) atau Krisis Seperempat Abad.

Berdasarkan penjelasan Erick Eriksen terkait teori Psikososial, manusia memiliki sekat atau pemisah dalam setiap perkembangannya, dan biasanya dirasakan oleh remaja akhir hingga dewasa awal.

Psikolog yang kerap disapa Ica ini menjelaskan bahwa QLC menyebabkan timbulnya rasa kurang puas dengan kehidupan masa lalu, pencapaian, masa depan, dan rasa bimbang di diri seseorang.

Seberapa berat QLC yang akan dirasakan setiap orang berbeda-beda tergantung dengan pengalaman di masa lalunya, dan QLC pasti akan dialami setiap orang.

Baca Juga: Cari Tahu Apa Itu Quarter Life Crisis? Berikut Ini Tips Mengatasinya

Dikutip dari teori diagram Muslow yang menjelaskan bahwa setiap manusia memiliki kebutuhan secara fisik maupun mental. Kebutuhan mental bisa berupa kasih sayang, pengakuan, aktualisasi diri, dan sebagainya.

Inilah yang membedakan setiap individu, karena tidak semua orang terpenuhi kebutuhan mentalnya dan hal ini juga mempengaruhi seseorang dalam merespon masalah, penyelesaian masalah, dan juga seberapa berat dampak fase QLC seseorang nantinya.

Pada usia 20-30 tahun yang biasanya seseorang sedang berada di fase QLC, dan rentan membanding-bandingkan dirinya dengan orang disekitarnya, lalu merasa kurang puas, hal ini sering terjadi akibat melihat atau bermain sosial media.

Oleh karena itu pentingnya detoks atau berhenti sejenak untuk bersosial media bagi anak muda, selain untuk menghindari sosial yang kurang sehat, dan kesehatan mentalnya. Seseorang juga harus memperkuat motivasinya.

Baca Juga: Apa Itu Quarter Life Crisis? Berikut Penjelasan dan Cara Menanganinya

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.