Isoter di Banjarmasin Sepi, Oksigen Konsentrator Jika Hanya Diperlukan

8 September 2021 10:10 WIB
Salah seorang warga penghuni Isoter
Salah seorang warga penghuni Isoter ( Smart FM Banjarmasin / Juma)

Banjarmasin, Sonora.ID - Terhitung sejak 1 September lalu, gedung Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) di jalan Batu Besar, komplek pelajar Mulawarman resmi beroperasi sebagai tempat Isolasi Terpusat (Isoter).

Isoter yang diberi nama Rumah Sehat Karantina itu diperuntukan bagi warga yang terpapar Covid-19, namun tidak memiliki gejala berat.

Di sisi lain. Dari hasil pantauan Smart FM Banjarmasin di Isoter Selasa (07/09) pagi, oksigen konsentrator yang merupakan bantuan dari Panglima TNI, ternyata tak kunjung diletakkan di gedung tersebut.

Padahal sedari awal, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menginstruksikan agar setidaknya alat itu juga diletakkan di gedung isoter. Alias tidak hanya di rumah sakit saja.

Baca Juga: Evaluasi Penanganan Pandemi, Penerapan 3 T dan Optimalisasi Isoter Masih Jadi Fokus Penanganan Covid-19 di Kota Denpasar

Selain itu, juga sudah ada satu perempuan warga Banjarmasin berusia 59 tahun yang menjadi penghuni Isoter. Keluhan yang dialaminya adalah mual dan susah tidur.

Koordinator Perawat di Gedung Isoter, Irwandi pun mengakui, bahwa sejak gedung itu difungsikan sebagai isoter pihaknya juga belum menerima adanya alat itu.

"Tidak ada. Yang saya tahu, alat itu masih ada di Rumah Sakit Sultan Suriansyah," ucapnya, di gedung Isoter.

Bukan tanpa alasan oksigen konsentrator perlu diletakkan di situ. Setidaknya, dengan adanya alat tersebut, bisa menjadi alternatif bila sewaktu-waktu ada pasien yang merasa kekurangan oksigen.

Dikonfirmasi ketiadaan oksigen konsentrator, Machli tak menampiknya. Ia mengklaim bahwa saat ini alat tersebut masih berada di RSUD Sultan Suriansyah.

"Bila dibutuhkan, nanti diletakkan di sana," janjinya.

Baca Juga: Fantastis! Segini Anggaran Buat Isoter di Banjarmasin

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Terhitung sejak 1 September lalu, gedung Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) di jalan Batu Besar, komplek pelajar Mulawarman resmi beroperasi sebagai tempat Isolasi Terpusat (Isoter).