Jangan Bingung, Cek Panduan Soal Asesmen Nasional Berbasis Komputer

9 September 2021 13:45 WIB
Panduan Soal Asesmen Nasional Berbasis Komputer
Panduan Soal Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( )

Sonora.ID - Kegiatan Asesmen Nasional (AN) sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) telah dijadwalkan untuk dilaksanakan diakhir September 2021.

AN sudah bisa dilaksanakan di satuan pendidikan di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1-3 yang sudah bisa melaksanakan pembelarajan tatap muka (PTM) terbatas.

Namun demikian, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga memberikan opsi pelaksanaan melalui sistem daring. Dikutip dari laman website https://ditsmp.kemdikbud.go.id, Kemendikbudristek merilis Prosedur Operasional Standar (POS) Asesmen Nasional untuk panduan pengerjaan soal-soal AN. Adapun tahapannya, antara lain:

  1. Login

Pada laman login, peserta memasukkan username dan password yang didapat dari laman https://anbk.kemdikbud.go.id. Pastikan username dan password sudah sesuai. Setelah login pastikan membaca petunjuk pengerjaan soal pada kolom sebelah kiri.

Baca Juga: Tanggal 7-20 September 2021 Palembang PPKM Level 3, Berikut Batasan-batasannya

Kemudian peserta diminta memasukkan nama, tanggal lahir, dan token pada kolom konfirmasi data peserta. Untuk ANBK dengan sistem daring, token akan muncul pada pojok kiri atas. Sedangkan untuk moda semi daring, kode token tidak akan muncul, melainkan didapat melalui proktor.

Selanjutnya, peserta dapat menekan tombol submit untuk menuju konfirmasi tes. Klik tombol mulai untuk mengerjakan tes.

  1. Halaman tes

Dalam halaman tes terdapat beberapa tombol navigasi dengan fungsi yang berbeda-beda. Peserta akan dapat melihat informasi username peserta yang sedang mengerjakan soal pada pojok kanan atas.

Kemudian melihat nomor soal yang sedang dikerjakan, pengaturan ukuran tulisan, sisa waktu pengerjaan, daftar soal, tombol sebelumnya, tombol ragu-ragu, tombol berikut.

Pada bagian tengah halaman tes, tampilan utama yang muncul adalah tampilan soal yang terdiri dari wacana atau stimulus, pertanyaan, dan pilihan atau isian jawaban.

Baca Juga: Bunda, Yuk Cek 4 Persiapan Putra-Putrinya Ikut Asesmen Nasional

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.