Pemerintah Lakukan Uji Coba Penyaluran Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung

9 September 2021 17:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto ( Instagram @airlanggahartarto_official)

Sonora.ID - Pemerintah melakukan uji coba penyaluran bantuan tunai untuk pedagang kaki lima (PKL) dan warung. Penyaluran ini dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Medan, Sumatera Utara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan bantuan tunai akan diberikan kepada 1 juta pkl dan pemilik warung dengan besaran Rp 1,2 juta atau setara dengan bantuan presiden produktif atau BPUM.

“Pagi ini kami saksikan uji coba pemberian bantuan tunai, kepada warteg , warkop, pedagang kaki lima dalam bentuk tunai yang rencana distribusinya melalui TNI dan Polri. Dan saya ditugaskan bapak Presiden bersama Menteri Keuangan untuk menlihat operasional di lapangan dan uji coba sistem yang dan bisa direalisasikan hari ini,” kata Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto di Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani Berkunjung ke Medan untuk Salurkan Bantuan Tunai bagi Pedagang Kaki Lima

Ia menyebutkan bahwa nantinya bantuan ini akan disalurkan oleh TNI dan Polri. Pada tahap awal uji coba ini dilakukan di Medan, Sumatera Utara.

Jika sistem penyaluran yang hari ini diujicobakan dirasa telah lancar dan tidak ada hambatan, maka Presiden RI Joko Widodo dapat secara resmi meluncurkan program bantuan tunai ini, dan diikuti penyaluran di wilayah lainnya.

Adapun bantuan tunai ini akan diberikan untuk PKL dan warung yang berada di daerah PPKM level 4 dan bukan merupakan penerima banpres produktif usaha mikro (BPUM).

Dengan adanya bantuan tunai ini, Airlangga berharap para pengusaha kecil, PKL, dan juga warung dapat terbantu serta menggunakan bantuan untuk modal usaha atau bertahan hidup.

Baca Juga: Amplop Bansos Bertuliskan Nama Bupati Karanganyar dan Istrinya Ramai Diperbincangkan

Halaman Berikutnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.