Layanan Referensi Perpustakaan, Membantu Pemustaka Mendapatkan Informasi

16 September 2021 16:49 WIB
Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara (Pujasintara) Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI
Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara (Pujasintara) Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI ( Dok Perpusnas)

Jakarta, Sonora.Id - Layanan referensi di perpustakaan hadir untuk membantu pemustaka atau pengguna layanan perpustakaan memenuhi informasi sesuai dengan kebutuhannya.

Pustakawan Amerika Serikat Samuel Greens menyatakan bahwa jiwa dari layanan perpustakaan adalah layanan referensi. Layanan ini tidak membiarkan pemustaka keluar dari perpustakaan dengan tidak terjawab kebutuhan informasinya.

Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara (Pujasintara) Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Teguh Purwanto menyampaikan, perwujudan layanan referensi di layanan Perpusnas salah satunya layanan Tanya Pustakawan atau dikenal dengan istilah Ask a Librarian.

"Layanan Tanya Pustakawan merupakan layanan profesional yang disajikan perpustakaan. Layanan ini menjadi tempat masyarakat bertanya, dan mendapat bantuan penelusuran data, informasi dan bahan bacaan, termasuk memberikan pengaajaran penelusuran informasi," tuturnya dalam webinar Peningkatan Kualitas Ask a Librarian sebagai Perwujudan Layanan Referens Virtual yang diselenggarakan secara hybrid, pada Kamis (16/9/2021).

Saat ini, layanan tanya pustakawan telah bertransformasi menjadi layanan tanya pustakawan virtual. Perubahan ini dilakukan agar layanan dapat menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. "Di balik layanan referensi pastinya ada pustakawan yang memiliki kompetensi mumpuni sehingga mampu menjawab semua pertanyaan dan kebutuhan informasi masyarakat," lanjutnya.

Teguh mengatakan, kompetensi literasi dan komunikasi interpersonal menjadi dasar yang harus dimiliki pustakawan layanan referensi. Meskipun pustakawan tidak mengetahui semuanya, tetapi dapat mencari semuanya.

"Menyatakan kata, tidak ada, menjadi tabu karena pustakawan referensi memiliki jurus memastikan tempat rujukannya memang memiliki informasi yg dibutuhkan," ungkapnya.

Pustakawan referensi Universitas Indonesia (UI) Kalarensi Naibaho menyampaikan, layanan referensi merupakan salah satu layanan yang paling diminati di perpustakaan perguruan tinggi. "Layanan ini menjadi layanan yang paling diminati, karena dapat membantu dalam pemenuhan literatur untuk pembelajaran dan penelitian," ujarnya.

Wanita yang akrab disapa Klara ini menjelaskan, dalam membantu penelusuran literatur, pemustaka dapat mengajukan permohonan melalui email, WhatsApp, dan tautan yang ada di situs web.

"Kami buka setiap Senin dengan kuota 100 permintaan. Pembatasan ini dilakukan agar pustakawan dapat menyelesaikan 100 permohonan dalam seminggu," jelasnya.

Pustakawan referensi, menurut Clara, membutuhkan kompetensi yang beragam sesuai dengan jenis layanan dan kebutuhan pemustaka. Pasalnya, para pustakawan harus mampu melayani pertanyaan dan kebutuhan informasi yang diajukan pemustaka. "Pustakawan referensi haruslah kreatif dengan mengupayakan beragam cara untuk mendapatkan literatur yang diminta. Dan solutif dengan menawarkan literatur lain yang relevan dengan subjek yang diminta," urainya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm