Jangan Dianggap Sepele, 5 Kebiasaan ini Dapat Membuat Gigi Menguning

18 September 2021 18:15 WIB
Bukan Berwarna Putih, Ternyata Begini Ciri-Ciri Gigi yang Sehat
Bukan Berwarna Putih, Ternyata Begini Ciri-Ciri Gigi yang Sehat ( )

Sonora.ID - Setiap orang tentu ingin memiliki gigi yang tampak putih, bersih, dan sehat. Namun, terkadang orang-orang sering mengeluhkan giginya yang berubah menguning meski sering menyikat gigi. Warna gigi yang menguning mampu membuat kepercayaan diri seseorang menurun.

Gigi kuning dapat disebabkan seiring bertambahnya usia seseorang, tetapi kemunculannya juga dapat dipercepat oleh faktor-faktor eksternal.

Berikut 5 kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat gigi menguning: 

  1. Jarang menyikat gigi

Salah satu hal yang dapat membuat gigi terlihat kuning adalah tumpukan plak atau lapisan bakteri yang berasal dari jaringan ludah dan sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan.

Ketika plak pada gigi semakin tebal atau menumpuk, maka gigi akan terlihat semakin menguning. Cara ampuh untuk mencegahnya adalah dengan menggosok gigi 2-3 kali dalam sehari. 

Baca Juga: Cara Membersihkan Karang Gigi yang Menebal, Pakai Baking Soda dan Cuka Putih!

  1. Menyikat gigi terlalu keras dan cepat

Menyikat gigi memang baik untuk mencegah timbulnya plak. Tetapi, jangan salah, menyikat gigi terlalu keras dan cepat malah menyebabkan terkikisnya lapirsan enamel pada gigi dan membuat lapisan dentin yang berwarna kuning semakin terekspos. Sebaliknya, menyikat gigi seharusnya dilakukan dengan lembut dan perlahan.

  1. Sering mengonsumsi produk kopi, teh, soda, dan minuman berenergi

Kandungan kromogen yang tinggi terkandung dalam kopi, teh, dan soda mampu meninggalkan noda pada enamel gigi.

Kromogen merupakan zat warna yang dapat membuat warna alami dari gigi tertutupi. Selain itu, dalam kopi, soda, dan minuman berenergi juga memiliki kandungan asam yang amat tinggi yang dapat membuat enamel terkikis. 

Baca Juga: Mimpi Kehilangan Gigi atau Gigi Rontok? Benarkah akan Ada yang Meninggal?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.