Dikaitkan dengan Hal Mistis, Ternyata Ini 5 Penyebab Anjing Menggonggong di Malam Hari

20 September 2021 13:00 WIB
Ilustrasi anjing menggonggong di malam hari
Ilustrasi anjing menggonggong di malam hari ( dokterhewan.co.id)

Sonora.ID – Seringkah Anda mendengar anjing yang menggonggong di malam hari? Meski menggonggong adalah perilaku yang sangat wajar dilakukan oleh anjing, namun jika terus menggonggong tentu akan mengganggu ketenangan.

Terlebih jika anjing menggonggong di malam hari dimana semua orang sedang beristirahat. Bahkan, tak sedikit orang yang masih percaya jika anjing yang menggonggong di malam hari dikaitkan dengan hal mistis dimana anjing melihat makhluk halus.

Terlepas dari hal mistis tersebut, rupanya ada penyebab anjing terus menggonggong di malam hari lho.

Melansir kompas.com dari Reader’s Digest, berikut ini 5 penyebab anjing menggonggong di malam hari. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak:

Baca Juga: 4 Pertanda Jika Didatangi Kucing Menurut Primbon Jawa, Akan Dapat Rezeki?

Memanggil kawannya

Stephen M. Katz, dokter umum sekaligus pemilik Bronx Veterinary Center dan pendiri Therabis mengatakan jika ras anjing yang memiliki akar nenek moyang serigala lebih cenderung meraung.

Jadi, tidak semua anjing meraung pada malam hari dan hanya beberapa ras anjing tertentu.

Anjing mengonggong ini lebih sebagai respon atavisme—pemunculan kembali sifat-sifat kuno atau generasi sebelumnya—untuk menyatukan kawanan mereka kembali. 

Merindukan pemiliknya

Selanjutnya, penyebab anjing menggonggong di malam hari yaitu karena merindukan pemiliknya. Katz mengatakan bahwa ada dua tanda kecemasan atau yang ditunjukkan anjing ketika merindukan pemiliknya.

Yaitu meraung-raung dan bertindak destruktif. Biasanya, untuk mengatasinya dengan membiasakan mengajak anjing keluar rumah untuk berlarian sekaligus mengeluarkan energi ekstra yang mereka simpan.

Baca Juga: Ternyata Ini 5 Alasan Kucing Selalu Mengikuti Pemiliknya, Sering Mengalami?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.