Penerus Bangsa, Kemenkes: Anak Berkebutuhan Khusus Punya Hak yang Sama

23 September 2021 12:00 WIB
Pendampingan orang tua saat anak mengalami pubertas
Pendampingan orang tua saat anak mengalami pubertas ( https://unsplash.com/photos/IrdhiEdJFDk)

Sonora.ID - Ketika pandemi virus corona masuk ke Indonesia, berbagai pihak masuk dalam daftar orang-orang yang dijaga lebih ekstra karena mudah terpapar virus dan akan memberikan dampak yang berbahaya bagi mereka.

Salah satunya adlaah anak berkebutuhan khusus atau ABK, mereka membutuhkan upaya dan berhatian lebih, yang berbeda dengan anak lainnya.

Hal yang sama juga disampaikan langsung oleh Plt Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Kartini Rustandi yang menyatakan bahwa pada dasarnya semua anak memiliki hak yang sama, seperti hak bertumbuh kembang, mendapatkan perlindungan, dan pengasuhan yang baik.

“Mereka juga merupakan generasi penerus bangsa yang dapat memberikan sesuatu bagi Indonesia, karena di balik keterbatasannya, mereka pasti memiliki kelebihan,” ungkapnya.

Baca Juga: Kapolda Sumsel Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Terapung di Dermaga BKB

Namun, ABK seperti namanya, memiliki kebutuhan yang khusus, dan perhatian yang lebih, ternasuk pada saat terpapar virus corona.

“ABK yang terinfeksi Covid-19 akan diberikan obat serta tindakan yang sama dengan masyarakat umum. Namun, tentu saja tenaga kesehatan akan mempertimbangkan banyak hal, karena anak ini membutuhkan perlakuan khusus,” sambung Kartini.

Karena termasuk sebagai pihak yang prioritas, maka sangat penting bagi ABK untuk menerima vaksin Covid-19, dengan memanfaatkan vaksin produksi Sinopharm hibah Raja Uni Emirat Arab.

Meski demikian, pihaknya menegaskan bahwa tidak menutup kemungkinan ABk pun mendapatkan merek lainnya, mengingat vaksin di Indonesia memiliki fungsi yang sama.

Senada dengan pernyataan tersebut, Founder London School Center For Autism Awareness, Prita Kemal Gani. Putri Prita adalah seorang ABK, yakni anak autistik, dan telah mendapatkan suntikan vaksin merek Sinovac di sentra vaksinasi Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Baca Juga: Pencarian ABK Kapal TB Mitra Jaya XIX, SAR Surabaya Turunkan Tim Penyelam

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.