Sudah Rampung, Ketua DPRD Kalsel Desak Jembatan Alalak 2 Segera Dibuka

23 September 2021 14:05 WIB
Jembatan Alalak II yang sudah rampung dibangun namun belum diresmikan
Jembatan Alalak II yang sudah rampung dibangun namun belum diresmikan ( Smart Banjarmasin/Razie)

Banjarmasin, Sonora.ID – Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XI Banjarmasin didesak untuk segera membuka Jembatan Alalak II untuk umum. Menyusul munculnya polemik pasca viralnya video rombongan pengendara motor gede (moge) melintas di atas jembatan yang baru rampung proses pembangunannya.

Apalagi sudah satu tahun lebih, warga di kawasan Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala dan sekitarnya harus melintasi Jembatan Alalak I sehingga menimbulkan kemacetan parah.

Ketua DPRD Kalimantan Selatan, Supian HK menegaskan bahwa jembatan sudah rampung dan dapat digunakan masyarakat, sehingga sudah seharusnya dibuka untuk mengurai kemacetan.

Baca Juga: Viral Moge Lewat Jembatan Alalak 1, Begini Penjelasan HDCI Kalsel

Meskipun sebenarnya peresmian akan dilakukan langsung Presiden Joko Widodo, namun menurutnya dibuka saja agar masyarakat dapat memanfaatkan infrastruktur tersebut.

“Kalau peresmiannya belum jelas kapan waktunya, biar jembatan dibuka saja,” tegasnya kepada Smart FM Banjarmasin, Kamis (23/09) siang.

Menurut Supian, pihaknya bersama Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor terus melakukan koordinasi dengan BBPJN XI Banjarmasin agar proses peresmian dapat dilakukan tanpa menunggu presiden. Apalagi kebutuhan terhadap jembatan tersebut sudah sangat besar untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas di kawasan Jalan Trans Kalimantan.

Ia juga memberikan opsi lain, jika ingin peresmian langsung dilakukan oleh Presiden, namun masyarakat tetap dapat melintasi jembatan. Yakni dengan memberlakukan sistem satu arah untuk satu lajur atau terbatas hanya untuk kendaraan roda dua saja.

“Sayang jika jembatan yang sudah rampung tidak dimanfaatkan, terutama untuk mengatasi kemacetan lalu lintas,” tegasnya lagi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.