3 Tips Konsisten dalam Membuat Perencanaan Keuangan, Dijamin Berhasil!

18 Oktober 2021 11:20 WIB
3 tips konsisten dalam membuat perencanaan keuangan
3 tips konsisten dalam membuat perencanaan keuangan ( https://pixabay.com/photos/income-tax-calculator-accounting-4097292/)

Sonora.ID - Untuk bisa memiliki masa depan yang terjamin tanpa adanya hambatan dari segi finansial, seseorang harus punya perencanaan keuangan yang baik.

Perencanaan keuangan ini dapat membantu seseorang dalam mengatur jumlah pendapatan dan pengeluaran bulanan bahkan tahunan. Ini berguna untuk mengontrol alur keuangan yang sudah dilakukan.

Namun, membuat perencanaan keuangan bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Pasalnya, banyak sekali godaan yang membuat seseorang menjadi sosok yang boros dan tidak peduli dengan pengeluarannya sendiri.

Godaan ini membuat seseorang menjadi goyah dan tidak konsisten selama membuat perencanaan keuangan. Tidak dapat dipungkiri, dampak buruk pun pasti terjadi jika tidak ada perencanaan keuangan yang baik.

Oleh karena itu, seseorang harus tetap bisa konsisten dalam membuat perencanaan keuangan. 

Baca Juga: Studi Kelayakan Calon Tapak PLTN di Kalimantan Barat : Status dan Peran Perguruan Tinggi

Berikut adalah 3 tips konsisten dalam membuat perencanaan keuangan yang dapat diterapkan sehari-hari!

1. Menentukan Tujuan

Melalui program Smart Financial Wisdom di Smart FM, seorang Financial Expert bernama Mohammad Teguh mengatakan bahwa tujuan hidup dapat menjadi landasan agar konsisten dalam membuat perencanaan keuangan.

Sebagai contoh, jika seseorang ingin menikah, sudah pasti tujuannya tidak hanya untuk berumah tangga.

Tujuan untuk memiliki anak melalui pernikahan akan membuat para pasangan harus mempersiapkan dana guna menyekolahkan dan memberikan jaminan finansial selama anak tumbuh dan berkembang.

Oleh karena itu, pakemkan tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan. Setiap tujuan yang ingin dicapai tidak hanya dapat diraih melalui usaha, tetapi uang pun mengambil peran dalam perjalanan mencapai tujuan.

Dengan kuatnya tujuan hidup, tingkat konsisten dalam membuat perencanaan keuangan pun akan jauh lebih mudah untuk dijalani.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan dalam Menyikapi Pinjol Ilegal

Halaman Berikutnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.