Peringatan Hari Perpustakaan Sekolah Internasional Dinodai Tidak Maksimalnya Fungsi Perpustakaan

18 Oktober 2021 19:45 WIB
Duta Baca Sumatera Selatan, Firman Freaddy Busroh
Duta Baca Sumatera Selatan, Firman Freaddy Busroh ( Kompas.com)

Palembang, Sonora.ID - Dalam meningkatkan minat baca para siswa, keberadaan Perpustakaan di Sekolah dinilai sangat penting. Namun, di era globalisasi saat ini pemanfaatan Perpustakaan di Sekolah dinilai masih belum maksimal bahkan hanya menjadi alat pelengkap di Sekolah.

Hal ini diungkapkan, Duta Baca Sumatera Selatan, Firman Freaddy Busroh ketika diwawancarai, Senin (18/10).

Maka dari itu, bertepatan dengan Hari Perpustakaan Sekolah Internasional yang diperingati setiap tanggal 18 Oktober atau tepatnya pada hari ini, Firman berharap keberadaan Perpustakaan di Sekolah dapat dimaksimalkan lagi.

"Saya berharap kepada pihak terkait supaya dapat lebih memperhatikan keberadaan Perpustakaan di Sekolah, karena ini adalah jantungnya ilmu dan dengan memperhatikan keberadaan Perpustakaan ini diharapkan bisa meningkatkan minat baca para siswa," kata Firman.

Baca Juga: Kementrian Agama dan Perpusnas Luncurkan Portal Kepustakaan Keagamaan dan Pengembangan Perpustakaan

Firman melihat keberadaan Perpustakaan di Sekolah saat ini hanya menjadi alat pelengkap saja tanpa dimaksimalkan fungsinya. Maka dari itu, sudah seharusnya pihak sekolah memperhatikan keberadaan Perpustakaan.

"Perpustakaan merupakan jantungnya Sekolah dan Perguruan tinggi, oleh karena itu kalau Sekolah dan perguruan Tinggi tidak memperhatikan perpustakaan dikhawatirkan nanti anak-anak enggan masuk Perpustakaan dan minat literasi menjadi berkurang," ujarnya.

Firman menjelaskan, penyebab rendahnya minat siswa untuk datang ke Perpustakaan dikarenakan tidak menariknya lingkungan Perpustakaan saat ini, ditambah lagi ketersediaan buku di Perpustakaan rata-rata buku lama.

"Penyebab minimnya minat siswa untuk datang ke Perpustakaan dikarenakan tidak menariknya suasana Perpustakaan dan buku-buku disana masih didominasi buku-buku lama, sedikit sekali buku keluaran terbaru. Sehingga ada baiknya pihak sekolah menggelontorkan anggaran untuk ketersediaan buku-buku baru di Perpustakaan," tutupnya.

Baca Juga: Layanan Referensi Perpustakaan, Membantu Pemustaka Mendapatkan Informasi

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.