Lewat Jakarta Geopolitical Forum V 2021 Lemhannas Ajak Masyarakat Memahami Bentuk Peradaban Masa Depan

21 Oktober 2021 11:30 WIB
Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo
Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo ( )

Sonora.ID - Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI kembali menyelenggarakan Jakarta Geopolitical Forum V / 2021 pada Kamis dan Jumat, 21-22 Oktober 2021. Dengan mengangkat tema Culture And Civilization: Humanity at the Crossroads (Budaya dan Peradaban: Kemanusiaan di Simpang Jalan) secara hybrid.

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menjelaskan, tema JGF tahun ini bertujuan memahami bentuk peradaban masa depan, khususnya struktur sosial budaya manusia dunia.

Selain itu juga untuk mengetahui sejauh mana budaya dan peradaban suatu bangsa dipertahankan di tengah perubahan pola pikir untuk beradaptasi dengan lingkungan peradaban baru.

“Ini dipicu dan dipacu oleh perkembangan lingkungan yang ada pada kita, untuk mencoba mencari sebuah pemahaman apa semua ini artinya buat kita (globalisasi dan teknologi), dan bagaimana kita bisa mengantisipasi masa depan supaya kita tidak terdadak,” kata Letjen TNI (Purn) Agus dalam keterangannya, Kamis (21/10/21).

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan Kembali Soal Green Economy Kepada Lemhannas

Selain itu, Letjen TNI (Purn) Agus mengatakan, pengelolaan budaya nasional merupakan prasyarat untuk mendukung identitas nasional. Namun, globalisasi dan teknologi yang membentuk jalan alternatif peradaban, memberi tantangan untuk mencari pilihan.

“Tanpa identitas nasional, suatu bangsa tidak dapat mengendalikan kekuatan untuk mencegah ancaman-ancaman lain yang dapat melemahkan wibawa peradaban asli bangsa tersebut,” tegasnya.

Jakarta Geopolitical Forum (JGF) merupakan session sharing bagi para pakar geopolitik dunia dalam menelaah situasi kawasan di dunia.

Harapannya, forum strategis ini dapat dimanfaatkan oleh pembicara (speaker) maupun peserta untuk mendiskusikan isu geopolitik di tingkat dunia. Geopolitik yang dimaknai sebagai ruang hidup menjadi isu sentral bagi seluruh negara di dunia.

Acara berskala internasional ini akan dibawakan oleh sepuluh narasumber terkemuka yang akan menjadi pemateri. Narasumber tersebut berasal dari tiga negara yaitu Amerika Serikat, Perancis dan Indonesia. 

Baca Juga: Gelar Giat Vaksinasi Malam, Kecamatan Taman Sari Beri Kesempatan Warga untuk Vaksinasi

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.