Pura Langgar Bali Jadi Simbol Toleransi Umat Hindu dan Islam

21 Oktober 2021 12:00 WIB
Pura Langgar Bali Simbol Toleransi Umat Hindu Dan Islam
Pura Langgar Bali Simbol Toleransi Umat Hindu Dan Islam ( )

Bali, Sonora.ID - Pura Langgar berlokasi di Desa Bunutin Kabupaten Bangli, 32 km dari Kota Denpasar, Bali. Disebut Pura Langgar karena di dalam Pura terdapat langgar (mushala) tempat ibadah umat Islam. Bisa dikatakan ini satu-satunya di dunia, karena dalam satu tempat menyatu dua tempat ibadah dua agama berbeda.

Di pura ini pengunjung muslim bisa melaksanakan sholat, meski tak di dalam langgar sesungguhnya. Pihak pura melengkapi beberapa fasilitas ibadah seperti tempat wudhu, sajadah, dan tempat sholat.

Perpaduan dan keharmonisan bagi kedua umat di sini, dapat dilihat tatkala hari upacara persembahyangan bagi umat Hindu di Bali yang bertepatan dengan hari Islam atau jatuh pada hari Jumat.

Pura ini emang unik, bahkan Pura ini juga menjadi cikal bakal penyebaran Agama Islam di Bali. Bahkan pura yang dikenal dengan nama Pura Langgar juga dikenal dengan sebutan nama Pura Dalem Jawa.

Baca Juga: Video Santri Tutup Kuping Dinyinyiri, Ustad Hilmi Firdausi : Teriak Toleransi Tapi Masih Suka Julid

Arsitektur dan pernak-pernik dari bangunan pura ini memiliki kemiripan dengan tempat ibadah agama Islam. Selain itu, Pura Langgar ini terletak di atas kolam yang dihiasi dengan bunga-bunga teratai yang menawan.

Sama seperti pura pada umumnya yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk upacara atau pemujaan. Namun, Pura Langgar memiliki sedikit perbedaan, dimana banten upacara atau sesajen yang digunakan untuk persembahan tidak diperbolehkan menggunakan daging babi, melainkan hanya daging ayam dan itik.

Pemotongan hewan kurban seperti yang biasanya dilakukan oleh umat Islam saat Hari Raya Idul Adha juga dilakukan disini. Tetapi pelaksanaannya bertepatan pada Tilem (bulan mati) sasih Kawulu, yaitu disekitar bulan Februari tepat 1 bulan sebelum perayaan Hari Raya Nyepi.

Hewan yang dijadikan kurban merupakan godel bang, yaitu anak sapi berwarna merah. Anak sapi ini harus jantan dan belum ditusuk hidungnya.

Baca Juga: Wapres KH Maruf Amin : Terowongan Istiglal dan Katedral Simbol Toleransi

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.