Tingkatkan Literasi Pemilu, KPU Terus Sosialisasikan Rumah Pintar Pemilu di Provinsi Riau

27 Oktober 2021 16:10 WIB
Rumah Pintar Pemilu (RPP)
Rumah Pintar Pemilu (RPP) ( )

Riau, Sonora.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau terus berupaya menyosialisasikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) untuk meningkakan literasi masyarakat terkait pemilihan umum (Pemilu) atau pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Hal tersebut disampaikan oleh Nugroho Notosusanto, selaku Komisioner KPU Provinsi Riau pada Selasa (26/10/2021).

“Rumah Pintar Pemilu ini tujuannya untuk transfer ilmu kepada masyarakat terkait pemilhan umum, dan ditujukan untuk masyarakat umum. Baik mahasiswa, pelajar, atau dari kalangan masyarakat manapun kami harapkan bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan maksimal, dan kami berupaya supaya ada dialog dan transfer gagasan antara masyarakat dan KPU,” jelasnya.

Baca Juga: Sutarmidji Dukung DPD RI Diberi Hak Mencalonkan Capres-Cawapres di Pemilu

Nugroho menambahkan, bahwa RPP memiliki beberapa kegiatan diantaranya bedah buku dan sekolah pemilu. Selain itu, RPP juga menyediakan perpustakaan mini berupa buku-buku, jurnal terkait pemilu atau sosial politik, serta hasil laporan penelitian terdahulu terkait evaluasi pemilu/pilkada

Melihat dari tingkat literasi masyarakat di Indonesia yang rendah, program ini perlu digencarkan supaya masyarakat semakin paham dengan seluk beluk Pilkada.

“Bisa dikatakan literasi masyarakat kita ini masih rendah dibandingkan negara lain, apalagi literasi terkait Pemilu. Tidak semua orang memiliki ketertarikan untuk belajar lebih dalam, dan dengan adanya fasilitas ini kami mempermudah akses agar harapannya msyarakat mau mengisi kekurangan dari literasi terkait pemilu tadi,” tambahnya.

Selain itu, kedepannya KPU akan melaksanakan kegiatan lainnya seperti Desa peduli pemilu dan pilkada, serta literasi sekolah demokrasi perempuan Riau.

Kegiatan ini menjadi upaya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas para pemilih nantinya.

Menurut Nugroho, peningkatan kuantitas yang tidak diikuti oleh kualitas tidak menjadi pertanda baik. Masyarakat diharapkan tidak mudah untuk mempercaya janji-janji para calon, atau termakan hoax. Sehingga, ia berharap agar fasilitas ini dapat diketahui dan dimanfaatkan masyarakat Riau dengan maksimal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.