Hasto Wardoyo Tegaskan Kehamilan Terencana Tekan Prevalensi Stunting

4 November 2021 11:05 WIB
Kepala BKKBN Dr (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K)
Kepala BKKBN Dr (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) ( )

Batam, Sonora.Id - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr. Hasto Wardoyo, mengatakan berencana itu keren. Karena itu, kehamilan harus direncanakan dengan baik. Kehamilan yang berencana akan menekan prevalensi stunting di Indonesia.

"Anak-anak yang lahir stunting merupakan kesalahan anak muda," ujar Hasto Wardoyo saat berbicara pada seminar "Peran Perguruan Tinggi dalam Percepatan Penurunan Stunting", di Universitas Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau, Selasa (02/11/2021).

Dalam kunjungan kerja dua hari di Kota Batam, Kepala BKKBN juga melakukan peluncuran program "Mahasiswa Peduli Stunting" (Penting).

Disaksikan oleh Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama perguruan tinggi pada percepatan penurunan stunting, penandatangan naskah kerjasama antara perwakilan BKKBN Kepri dengan perguruan tinggi se-Kepri, dan penandatangan naskah kerjasama antar Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB dengan RS Graha Hermine dan RS Jasmin.

"Siapa penentu kesejahteraan bangsa ini? Penentunya adalah mahasiswa, remaja, anak muda. Namun karena mereka tidak menjaga jarak kelahiran dan banyak memiliki anak, maka mereka akan melahirkan anak stunting," ujar Hasto.

Hasto mengingatkan jangan sampai terjadi "jendela peluang" dalam bonus demografi justru menjadi beban pembangunan. Namun demikian, dia mengakui bahwa membangun SDM Indonesia yang maju dan berkualitas masih dihadapkan pada banyak kendala.

Salah satunya prevalensi stunting yang saat ini mencapai sekitar 27 persen dan adanya gangguan mental emosional pada anak muda. "Dari 100 mahasiswa akan ada mahasiswa yang sulit dikoordinir, atau juga dihadapkan pada persoalan napza (narkotika, psikotropika, dan obat terlarang)," ujar Hasto.

Hasto juga menegaskan bahwa masyarakat harus paham dengan pengertian stunting. "Stunting pasti pendek. Tapi orang pendek bukan berarti stunting."

Hasto mengatakan stunting menyebabkan anak akan memiliki tinggi badan tidak sesuai dengan seharusnya. "Secara genetik harusnya orang tersebut akan bisa memiliki tinggi 179 cm. Tapi gara-gara sakit dan gizinya kurang, mengakibatkan stunting, maka tingginya tidak sampai 179 dan IQnya tidak bagus," tutur Hasto.

Penanganan atau pola asuh yang kurang tepat pada 1000 hari pertama kehidupan dinilai dapat menimbulkan stunting pada anak yang dilahirkan. "Ada 2 juta balita terancam kurus. Kalau kurus selama dua bulan tidak naik, bisa jadi balita itu akan stunting," ujar Hasto.

Hasto mengatakan, untuk mencapai target 14 persen stunting di Indonesia pada 2024, dibutuhkan penurunan stunting 5 persen setiap tahun. Untuk itu dibutuhkan percepatan.

Upaya percepatan ini harus dilakukan secara masif. Hal ini karena saat ini beberapa capaian yang terkait dengan stunting terindikasi menghambat percepatan penurunan stunting. Sebagai contoh kasus anemia pada perempuan yang mencapai 36,1 persen, 33,5 persen wanita usia subur hamil dengan risiko kurang energi kronik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.