Waspada, Obat-obatan Kedaluwarsa Masih Beredar di Palembang

4 November 2021 23:29 WIB
Waspada, Obat-obatan Kedaluwarsa Masih Beredar di Palembang
Waspada, Obat-obatan Kedaluwarsa Masih Beredar di Palembang ( )

Palembang, Sonora.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengancam akan menindak tegas apotik yang menjual obat-obatan kedaluwarsa.

Hal ini diungkapkan Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda usai melakukan inspeksi dadakan (sidak) di Apotik yang berlokasi di Jl. MP Mangkunegara, Kamis (04/11).

Dari hasil sidak kali ini, pihaknya bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang menemukan beberapa obat yang sudah kedaluwarsa namun tetap diperjualbelikan.

“Dari hasil sidak yang kita lakukan di dua Apotik yang berlokasi di Jl. MP Mangkunegara, ditemukan obat-obatan yang sudah kedaluwarsa namun tetap diperjualbelikan. Tentunya ini sudah menyalahi aturan dan akan segera kita berikan peringatan,” ungkap Fitri ketika diwawancarai.

Baca Juga: BUMN Lakukan Gerak Cepat Jamin Ketersediaan Oksigen dan Obat-Obatan

Fitri menambahkan, apabila masih ditemukan Apotik yang menjual obat-obatan yang tak layak konsumsi maka dengan terpaksa pihaknya akan memberikan peringatan keras bahkan pencabutan izin usaha.

“Jika masih ditemui Apotik yang menjual obat-obatan kedaluwarsa, maka akan segera kita tindak tegas diantaranya peringatan, peringatan keras hingga pencabutan izin usaha,” tegas Fitri.

Ia mengungkapkan, upaya ini dilakukan guna menjamin kesehatan masyarakat saat mengkonsumsi obat-obatan.

“Kita harapkan melalui upaya ini seluruh Apotik di Palembang dapat mengecek kembali obat-obatan yang dijual dan terhindar dari kedaluwarsa, sehingga dapat menjamin keamanan masyarakat saat mengkonsumsinya,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pemeriksaan BBPOM Palembang, Aquirina Leonora mengatakan, beberapa jenis obat-obatan yang ditemukan kedaluwarsa pada sidak kali ini diantaranya obat batuk, cairan pencuci mata dan krim penyakit kulit (salep).

“Kita harapkan melalui sidak ini kesehatan masyarakat Palembang bisa terlindungi,” tutupnya.

Baca Juga: Pendampingan Sebagai Pengobatan Holistik pada Anak Penderita Kanker

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.