Beberapa Titik di Kawasan Kota Lama Dipasang Rantai Besi: Antisipasi Parkir Liar

24 November 2021 14:40 WIB
Beberapa Titik di Kawasan Kota Lama Dipasang Rantai Besi: Antisipasi Parkir Liar
Beberapa Titik di Kawasan Kota Lama Dipasang Rantai Besi: Antisipasi Parkir Liar ( http://semarangkota.go.id/)

Semarang, Sonora.ID - Kawasan Kota Lama Semarang nantinya akan menjadi City Walk, bebas kendaraan dan khusus dinikmati pejalan kaki untuk pengunjung.

Beberapa tahun belakang Pemerintah Kota Semarang gencar mencanangkan konsep City Walk. Konsep City Walk, sendiri berarti adanya jalur pejalan kaki atau pedestarian yang ada di dalam kota. City Walk, juga berarti pedestarian dengan sarana perbelanjaan yang lengkap.

Hal ini merujuk pada beberapa titik di Kawasan Kota Lama Semarang yang saat ini ditutup dengan dipasang portal berupa rantai besi agar pengendara roda dua dan roda empat tak bisa leluasa masuk dan melintas.

Pemasangan diantaranya dilakukan di sekitaran taman Garuda Kota Lama. Kemudian, tak jauh dari salah satu kantong parkir di Kota Lama yakni Dream Museum Zone atau akses jalan menuju ke Taman Srigunting, Old City 3D Trick Art Museum, dan Gereja Blenduk nampak dipasang rantai besi full. Sehingga pengendara mobil atau motor harus mencari jalan alternatif lainnya yang tidak ditutup.

Lalu, penutupan jalan juga dilakukan di jalur masuk ke Kawasan Kota Lama, di ujung Jalan Letjen Suprapto, dengan pembatas gason dan rantai besi.

Menurut Kabid Pengendalian dan Ketertiban (Daltib) Dishub Kota Semarang, Antonius Haryanto, pemasangan tersebut memang sengaja dilakukan, karena konsep Kawasan Kota Lama, nantinya adalah menjadi City Walk, bebas kendaraan dan khusus dinikmati pejalan kaki yang berkunjung ke Kota Lama. Bahkan, ada yang dipasang bola di pedestrian dan rantai besi. 

"Salah satu tujuannya agar tidak digunakan oleh parkir liar. Juga sekaligus, untuk menghalau kendaraan yang masuk kawasan Kota Lama yang terlalu over. Kalau tidak dihalau dengan penutupan jalan, dikhawatirkan akan terjadi kepadatan arus kendaraan yang melintas," ujarnya.

Baca Juga: Festival Kota Lama 2021 Sudah Dimulai, Jangan Sampai Terlewat!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.