BMKG: Waspada Potensi Hujan Sedang hingga Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang

26 November 2021 09:35 WIB
Ilustrasi Hujan Lebat Akibat Badai La Nina - Badai La Nina Diprediksi Terjadi Dari Bulan November - Februari, BPBD Kota Denpasar Imbau Waspada
Ilustrasi Hujan Lebat Akibat Badai La Nina - Badai La Nina Diprediksi Terjadi Dari Bulan November - Februari, BPBD Kota Denpasar Imbau Waspada ( )

Sonora.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam update terbaru prakiraan cuaca, Jumat (26/11/21) menyebutkan Bibit Siklon 91S saat ini terpantau berada di Samudra Hindia, Barat daya Sumatera, yang membentuk daerah angin kencang dengan kecepatan diatas 25 knot yang menyebabkan terjadinya peningkatan tinggi gelombang laut di sepanjang Samudra Hindia, Barat daya Sumatera.

Selain itu, terdapat sirkulasi Siklonik atau pusaran angin di Laut Natuna, Samudra Hindia Selatan Banten, dan diperairan Utara Maluku yang menyebabkan daerah pertemuan angin dan perlambatan kecepatan angin atau konfergensi di wilayah Natuna, Samudra Hindia Selatan Jawa Barat, Laut Sulawesi dan Maluku Utara.

Selain itu, daerah konfergensi juga terpantau berada di sepanjang Aceh hingga Sumatera Utara, di Laut Jawa memanjang hingga Kalimantan Selatan, di Kalimantan Barat memanjang hingga Kalimantan Timur.

Kemudian di perairan laut Jawa memanjang hingga Sulawesi Selatan, di Sulawesi Barat memanjang hingga Sulawesi Tengah, di Kepulauan Maluku bagian Tenggara dan di Papua bagian Tengah. Wilayah-wilayah tersebut berpotensi terjadi peningkatan pertumbuhan awan hujan.

Selain itu, BMKG juga mengimbau untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang yang diprakirakan terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia yaitu di Aceh, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung.

Kemudian Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta hingga Jawa Timur.

Kemudian di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Bali, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sementara itu, potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang yang berdurasi singkat diprakirakan terjadi di Riau, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini, BMKG: Waspada Potensi Angin Kencang dan Hujan Lebat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm