Add Yours Instagram
Add Yours Instagram ( Kompas.com)

Sempat Jadi Sorotan, Instagram Hapus Fitur Stiker ‘Add Yours’?

26 November 2021 12:00 WIB

Sonora.ID - Beberapa waktu lalu fitur sticker InstagramAdd Yours” sempat menjadi pembicaraan beberapa masyarakat karena sempat trending di Instagram stories.

Fitur sticker “Add Yours” ini menimbulkan beberapa kontroversi masyarakat dikarenakan topik tantangan yang dibahas memiliki sifat informasi yang sensitif, seperti asal kota, nama lengkap pasangan atau anak, foto anak, pernah tinggal, usia, tempat tanggal lahir dan informasi pribadi lainnya.

Fitur topik yang dibahas, dibuat oleh para pengguna sendiri dan dijawab oleh pengguna lain.

Untuk meminimalisasi hal tersebut, Instagram memberikan celah untuk mengatasi hal tersebut dengan menghapus konten membagikan, menawarkan, serta informasi berupa identitas pribadi. Menurut pengamat keamanan, hal ini yang bisa menjadi celah untuk dieksploitasi oleh penjahat cyber.

Meta mengatakan akan menghapus fitur stiker “Add Yours” yang memuat informasi pribadi.
Selain itu Meta melarang untuk mengunggah konten yang dapat menyebabkan kerugian fisik atau keuangan, seperti informasi keuangan, tempat tinggal dan medis, serta informasi yang diambil dari sumber illegal.

Perwakilan Meta mengatakan pihaknya untuk melarang pengguan mengunggah informasi bersifat rahasia baik tentang diri sendiri maupun orang lain. Apabila pengguna mengetahui atau menemukan konten yang melanggar hak privasi, bisa melaporkan ke Instagram Help Centre (facebook.com).

Info yang diunggah secara sadar atau tidak sadar, hal ini beresiko disalahgunakan oleh pelaku kejahatan dengan mengambil informasi tersebut, lalu mencari tahu info lainnya dan melakukan profiling. Apabila data seseorang sudah didapatkan, maka akan semakin mudah aksi profiling dilakukan, seperti melakukan penipuan atau pemerasan.

Pakar Keamanan siber dari Lembaga riset non-profit CISSReC, Pratama Persadha, menghimbau kepada seluruh pengguna agar tidak banyak mengumbar data pribadi yang menjelaskan alamat dan nomor kita, seperti KTP, Kartu Keluarga, maupun sertifikat vaksin ke dunia maya karena resikonya yang sangat besar dan bisa diambil oleh pelaku kejahatan.

Terdapat beberapa informasi yang masih diizinkan oleh Meta untuk diunggah, diantaranya yaitu artikel berita, pengajuan pengadilan, siaran pers, atau sumber lainnya.

Baca Juga: Dikira Model Instagram, Ini 5 Zodiak yang Selalu Terlihat Modis di Depan Umum

Video Pilihan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm