Prakiraan Cuaca BMKG: Waspada Potensi Hujan Diebagian Besar Wilayah Indonesia

30 November 2021 11:10 WIB
Ilustrasi Hujan Lebat Akibat Badai La Nina - Badai La Nina Diprediksi Terjadi Dari Bulan November - Februari, BPBD Kota Denpasar Imbau Waspada
Ilustrasi Hujan Lebat Akibat Badai La Nina - Badai La Nina Diprediksi Terjadi Dari Bulan November - Februari, BPBD Kota Denpasar Imbau Waspada ( )

Sonora.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam info resmi, Selasa (30/11/21) mengeluarkan peringatan kepada masyarakat agar mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir, kilat dan angin kencang yang akan terjadi hampir disebagian besar wilayah Indonesia.

laporan di laman resmi BMKG, prakiraan tersebut cuaca disebutkan di daerah yang terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga disertai kilat atau petir dan angin kencang Berdasarkan durasi yang terjadi di wilayah Jambi, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan.

Kemudian, daerah yang terjadi hujan dengan intensitas sedang berada, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Padang, Bandar Lampung, Serang, Semarang, Denpasar, Palangkaraya, Samarinda, Tanjung Selor, Makassar, Kendari, Manokwari, Jayapura

Baca Juga: BMKG: Waspada Potensi Hujan Sedang hingga Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang

Kemudian daerah yang hujan lebat yaitu Mamuju, dan Ternate.

Selain itu daerah yang mungkin terjadi hujan petir yaitu Banda Aceh, Bengkulu, Bandung, Surabaya, Mataram, Kupang, Banjarmasin, dan Ambon.

Sementara itu daerah berawan yaitu Medan, Yogyakarta, dan Pontianak.

Melansir dari halaman BMKG , masyarakat juga dihimbau untuk tetap waspada. Anjuran lain dari BMKG menangani prakiraan bencana meliputi:

  1. Terus mewaspadai kondisi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan angin kencang yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang dan longsor.
  2. melakukan antisipasi dengan sudah dahan dan ranting pohon yg rapuh/lapuk dan memperkuat atap rumah ataupun tegakan/tiang/ baliho untuk menghindari adanya korban dan kerusakan lainnya.
  3. Terus memantau informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca dari BMKG yang lebih rinci dan detail hingga tingkat kecamatan di seluruh wilayah Indonesia yang dapat diakses melalui: website BMKG https://www.bmkg.go.id atau call center 196 BMKG.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini, BMKG: Waspada Potensi Angin Kencang dan Hujan Lebat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm