4 Cara Menghilangkan Jamur Hitam di Plafon Rumah, Pakai Bahan Alami Ini

10 Desember 2021 09:00 WIB
Ilustrasi jamur di plafon.
Ilustrasi jamur di plafon. ( unsplash)

 

Sonora.ID - Akhir-akhir ini, musim hujan tengah terus menerus turun di berbagai wilayah Indonesia.

Meski merupakan berkah, hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah bagi rumah yang kerap bocor. Salah satunya adalah munculnya jamur berwarna hitam di plafon atau atap.

Perlu kamu ketahui, selain mengganggu estetika, jamur hitam tersebut juga ternyata beracun, lho.

Oleh karena itu, jika kamu akan membersihkannya, kamu wajib hati-hati dan menggunakan pelindung mata serta sarung tangan.

Baca Juga: Catat! Ini 4 Cara Membersihkan Masker Kain dengan Benar

Jangan lupa juga untuk membuka pintu dan jendela untuk memastikan adanya ventilasi yang memadai di area berjamur.

Dilansir dari The Spruce, inilah cara membersihkan jamur hitam di plafonrumah.

1. Pemutih Klorin

Sedikit catatan, jika satu metode tidak berhasil, bilas area tersebut sepenuhnya dengan air bersih sebelum mencoba pembersih lain.

Pemutih klorin rumah tangga biasa, natrium hipoklorit, akan menghancurkan jamur dan menghilangkan perubahan warna pada plafon.

Namun, bahan yang satu ini cukup keras dan dapat merusak beberapa permukaan dan kain. Jadi, ikuti langkah-langkah ini sebelum menggunakannya.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Cegah Kucing Buang Kotoran di Teras Rumah

Dinding bercat dan lantai kayu: Untuk membersihkan jamur dari permukaan berpori seperti kayu dan drywall, deterjen harus ditambahkan ke larutan pemutih dan air untuk membantunya menempel. Campurkan satu bagian deterjen pencuci piring, 10 bagian pemutih, dan 20 bagian air. Oleskan larutan dengan spons atau pel, usahakan agar permukaannya tidak terlalu jenuh. Jangan bilas; biarkan larutan mengering.

Pelapis eksterior dan beton: Campurkan satu cangkir pemutih klorin dengan satu galon air. Basahi area yang berjamur dengan air biasa dan kemudian larutan pemutih dan air, dan biarkan bekerja selama beberapa menit. Jika noda tetap ada, gosok area tersebut, lalu aplikasikan kembali lebih banyak larutan pemutih dan air. Biarkan area tersebut benar-benar kering. Karena pemutih dapat membunuh rumput dan tanaman, bilas sekitarannya dengan air biasa.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm