Masih Diyakini, Ini Mitos, Fakta dan Tradisi Menstruasi di Indonesia

11 Desember 2021 23:56 WIB
Illustrasi Menstruasi
Illustrasi Menstruasi ( https://www.freepik.com/)

Sonora.ID – “Jangan lupa cuci pembalut,” “kamu mens, ya? Minum soda aja supaya banyak keluarnya,” “Badmood banget deh, lagi ‘dapet’ hari pertama.”

Cewek-cewek yang sudah mengalami siklus bulanan menstruasi pasti relate banget dengan kalimat-kalimat di atas.

Nggak cuma kaum hawa, bahkan belakangan ini semakin banyak, lho, kaum adam yang mulai mempelajari dan memahami perihal masa haid perempuan ini, dengan tujuan agar bisa memberikan semangat dan dukungan untuk orang yang terkasih.

Indonesia sejak dahulu kala, memiliki banyak mitos dan tradisi seputar menstruasi atau haid yang sebenarnya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat lokal.

Bahkan tak jarang mitos-mitos dan tradisi ini masih dipercaya hingga saat ini dan diturunkan dari generasi ke genarasi.

Artikel ini akan mengupas mengenai mitos dan tradisi menstruasi di Indonesia, beserta dengan penjelasan fakta atau ilmiah di baliknya.

Disebut ‘darah kotor’

Para pendahulu kerap menjelaskan pada wanita muda bahwa, darah yang keluar saat siklus menstruasi merupan darah kotor yang dikeluarkan secara alami oleh tubuh guna ‘membersihkan’ diri sendiri setiap bulan.

Apakah kamu pernah mendengar dan mempercayai penjelasan ini?

Sekilas, pernyataan ini memang terdengar sangat ilmiah, namun sayangnya jika dilihat secara teori, anggapan tersebut tidaklah benar adanya.

Menurut, Maria Sophocles, M.D, dokter kebidanan dan kandungan dari Penn Medicine Princeton, menstruasi menandai akhir dari rutinitas bulanan Rahim, di mana lapisan jaringan rahim tumbuh sebagai persiapan akan kehadiran embrio.

Namun jika tak ada embrio yang hadir, maka jaringam ini akan luruh bersama darah dan kita yang disebut dengan menstruasi.

Baca Juga: Apa itu Menstrual Cup, Kelebihan, dan Kekurangannya Bagi Perempuan?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.