Tekan Angka Kemiskinan, DKPP Sumsel Gencarkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

17 Desember 2021 18:30 WIB
Kepala Dinas KPP Sumsel, Ruzuan Effendi
Kepala Dinas KPP Sumsel, Ruzuan Effendi ( Sonora FM Palembang)

Palembang, Sonora.ID - Guna menekan angka kemiskinan di Sumatera Selatan, Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (KPP) Sumsel dalam waktu dekat bakal menggencarkan edukasi gerakan Sumsel Mandiri Pangan (SMP).

SMP sendiri merupakan gerakan dimana masyarakat diminta mandiri dalam memenuhi kebutuhan pribadi yang akan menghemat pengeluaran sehari-hari. Selain itu, masyarakat juga diminta mengubah mindset dari yang sebelumnya konsumtif menjadi produktif.

Kepala Dinas KPP Sumsel, Ruzuan Effendi mengatakan, melalui gerakan SMP ini masyarakat diminta memiliki mindset produktif dalam menghasilkan kebutuhan sehari-hari seperti cabai, sayur-sayuran, bawang dan lain-lain.

“Pada dasarnya ini merupakan gerakan dalam merubah mindset masyarakat untuk berkehidupan mandiri dengan memanfaatkan lingkungan dan sumber daya alam yang dimiliki,” ungkap Ruzuan ketika diwawancarai, Jum’at (17/12).

Baca Juga: Wujudkan Target Vaksinasi, Pemprov Sumsel Siapkan Stimulus

Ruzuan mengatakan, gerakan ini nantinya akan menyasar masyarakat miskin di Sumsel dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Gerakan ini akan menyasar rumah tangga orang miskin, jadi edukasinya nanti door to door langsung ke rumah warga, dengan harapan kesejahteraan masyarakat meningkat dan angka kemiskinan dapat ditekan,” ujarnya.

Ruzuan mengatakan, sebagai upaya mensukseskan gerakan ini pihaknya nanti akan melibatkan seluruh stakeholder terkait salah satunya penyuluh pertanian.

“Kita libatkan seluruh stakeholder untuk mengedukasi gerakan ini, salah satunya penyuluh pertanian yang akan mengedukasi untuk mengedukasi bagaimana budidaya yang berkelanjutan. Kami punya target program ini akan menyentuh seluruh masyarakat yakni satu Kecamatan satu Desa di setiap Kabupaten,” tutupnya.

Baca Juga: Beda Penikmat Musik dengan Pendengar Musik Menurut Penyiar Senior

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.