Tingkatkan Sinergitas, PLN Kanwil ATR/BPN Kalbar Perkuat Kerjasama Amankan Aset Negara

7 Januari 2022 13:09 WIB
PLN Kalbar dan Kanwil ATR/BPN Kalbar tingkatkan kerjasama dalam mempercepat proses sertipikasi aset tanah dan bangunan milik PLN di Kalimantan Barat.
PLN Kalbar dan Kanwil ATR/BPN Kalbar tingkatkan kerjasama dalam mempercepat proses sertipikasi aset tanah dan bangunan milik PLN di Kalimantan Barat. ( Dok. PLN UIW Kalbar)

Sonora.ID - Dalam rangka meningkatkan sinergitas, PLN Kalbar dan Kanwil ATR/BPN Kalbar tingkatkan kerjasama dalam mempercepat proses sertipikasi aset tanah dan bangunan milik PLN di Kalimantan Barat.

Hal tersebut diungkap General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo, dalam acara penyerahan bantuan sarana dan prasarana kerja untuk Kantor Pertanahan Kabupaten dan Kota di Ruang Integritas Kantor PLN Wilayah Kalbar Jalan Adi Sucipto km 7,3 Sei Raya, pada Rabu (05/01).

Menurut Ari, untuk membangun infrastruktur ketenagalistrikan serta menunjang percepatan proses layanan kelistrikan kepada pelanggan, PLN telah melaksanakan pengadaan tanah berdasarkan Undang-undang nomor 2 tahun 2012.

Untuk itu, PLN memerlukan asistensi dari Kantor ATR/BPN Kalbar beserta jajarannya kepada seluruh Unit-unit layanan PLN yang tersebar di kota dan kabupaten.

"Kerjasama yang terjalin cukup baik selama ini diharapkan dapat menjamin kepastian hukum dan memitigasi risiko bisnis PLN terutama yang terkait dengan permasalahan tanah," ungkap Ari.

Baca Juga: Serapan APBD Kubu Raya, Peringkat Kedua Terbesar Dari 375 Kabupaten Di Indonesia

Dikatakannya, hingga 31 Desember 2021, sudah terbit 1.117 sertipikat dari total 2.058 aset tanah yang diusulkan ditahun 2021, sisanya masih ada 941 persil yang masih dalam proses sertipikasi.

Semua kegiatan yang dilaksanakan oleh PLN terkait masalah pertanahan tentunya memerlukan dukungan data dan informasi maupun sarana dan prasarana, baik dari pihak PLN maupun dari BPN.

"Melalui nota kesepahaman yang telah ditandatangani sebelumnya oleh PT PLN (Persero) dengan Kementerian ATR/BPN beberapa waktu lalu, kami siap mendukung peningkatan produktivitas kerja Kanwil ATR/BPN Kalbar khususnya dalam mempercepat proses sertipikasi tanah," tutur Ari.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Kalbar, Ery Suwondo, mengatakan bahwa kerja sama yang dilaksanakan sangat luar biasa, dilihat dari jumlah penyelesaian sertipikat yang terus meningkat dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Kolaborasi PLN Kalbar - Mall Gaia Bangun SPKLU Pertama di Kalimantan Barat

"Mari kita lakukan akselerasi dalam penyelesaian proses sertipikasi tanah milik PLN yang merupakan aset milik negara, namun harus sesuai aturan yang berlaku, harus clean and clear agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari," tegas Eri.

Lebih lanjut Eri berharap sinergitas antara PLN Kalbar dan Kanwil ATR/BPN Kalbar dapat terus ditingkatkan dimasa yang akan datang.

Diakhir acara dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan 30 unit Personal Computer (PC) dan 15 Printer yang diperuntukkan kepada seluruh Kantor Pertanahan yang ada di Kabupaten dan Kota di Kalimantan Barat guna mempercepat proses sertipikasi tanah.

PenulisWilliam
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm