Unik, Perajin Klaten Mengubah Limbah Keramik Menjadi Karya Seni Mozaik

10 Januari 2022 19:55 WIB
Unik, Perajin Asal Klaten Mengubah Limbah Keramik Menjadi Karya Seni Mozaik
Unik, Perajin Asal Klaten Mengubah Limbah Keramik Menjadi Karya Seni Mozaik ( Tribun Solo)

Solo, Sonora.ID - Ansori (60) adalah perajin mozaik asal Kelurahan Klaten yang terbilang unik karena menjadikan pecahan keramik sebagai bahan bakunya. 

Hasil karya seni mozaik yang sudah iya hasilkan mulai dari sosok Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto hingga Menteri BUMN RI yaitu Erick Thohir.

Peminat karya seni mozaik itu pun tak hanya datang dari Kabupaten Klaten sendiri namun juga dari Kebumen, Jakarta, Bali dan Yogyakarta.

"Kalau peminatnya beragam, bukan hanya pejabat atau pengusaha, kalangan warga biasa juga banyak," ujar Ansori saat ditemui di rumahnya Kamis (6/1/2022).

Untuk saat ini ia tengah menyiapkan mozaik dari pesanan seseorang yang akan dihadiahkan untuk Menteri BUMN RI, Erick Thohir.

"Kalau yang ini pesanan dari seseorang untuk Pak Erick. Itu sudah 5 hari saya kerjakan, mungkin pekan depan sudah selesai. Itu ukurannya hampir 2 meter," ujarnya.

Menurut Ansori, karya seni mozaik yang memakai bahan dasar keramik tidak terlalu banyak orang yang bisa membuatnya, hal ini juga yang menjadikan karya seni mozaik Ansori berbeda dengan lainnya.

Alhasil, harga karyanya cukup tinggi bahkan sampai bisa bernilai jutaan rupiah jika di pesan oleh pembeli.

"Saya melepas karya itu tergantung kerumitan dan besaran ukurannya. Minimal sampai jutaan kalau untuk harga," ucapnya.

Baca Juga: Perpusnas Dukung Pameran Seni Rupa Bertema Creative Freedom To The Heal The Nation

Diakui Ansori, dalam setiap bulan ada saja orang yang datang untuk memesan karya seni tempel itu.

Adapun bentuk karya yang dipesan itu beragam mulai dari gambar-gambar tokoh namun kadang juga ada yang memesan pemandangan alam.

Saat ini, lanjut dia, dirinya telah berhasil membuat ratusan karya mozaik tersebut.

Selain para mentri dan para tokoh penting lainnya, Ansori juga pernah membuat Mozaik presiden - presiden Indonesia dari Soekarno, Bj Habibie, Megawati, SBY hingga Jokowi sebelumnya.

Penulis : Iqbal Maulana

Baca Juga: Paguyuban Seni PJKB Komunitas Ambulance Kalbar Galang Donasi Korban Banjir

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.